keuntungan aktifasi otak tengah

Otak Tengah Aktif, Apa Untungnya?

brain-powerSelama ini kita lebih sering mendengar atau familiar dengan otak kiri dan otak kanan. Otak kiri dimana berperan pada logika, pembelajaran bahasa, angka, tulisan, dan hitungan. Sedangkan otak kanan berperan pada daya kreatifitas, imajinasi dan lainnya. Otak tengah (Mesencephalon), berfungsi sebagai jembatan penghubung antara otak kanan dan otak kiri, dan selain itu juga berfungsi sebagai keseimbangan. Otak tengah juga yang mendominasi perkembangan otak secara keseluruhan.

Otak tengah dapat diaktifkan secara “manual” ataupun alami. Orang-orang yang otak tengahnya aktif secara alami biasanya disebut orang-orang dengan kemampuan luar biasa, misalnya tuna netra yang bisa melihat, dimungkinkan otak tengahnya aktif secara alami. Berikut beberapa keuntungan dari otak tengah yang aktif.

Meningkatkan Daya Ingat

Meningkatkan daya ingat dapat membuat seseorang mampu belajar banyak dalam tempo yang lebih singkat. Jika dia belajar dengan waktu yang sama dengan orang lain, dia akan mendapat lebih banyak. Sering kali kita menemukan orang-orang seperti ini di sekeliling kita. Kita belajar bersama dengan dia, tetpi dia mempunyai pengertian dan mengingat lebih banyak daripada kita. Peningkatan daya ingat ini berhubungan langsung dengan semakin meluasnya jaringan pada sel otak seseorang.

Meningkatnya daya ingat ini sejalan dengan meningkatnya daya tangkap. Secara biologis, jika kita menangkap hal yang baru, dibuatlah suatu hubungan antarneuron di otak kita. Semakin banyak tangan neuron, semakin mudah kita menangkap atau mengerti hal-hal yang baru.

Meningkatkan Kemampuan Mengasihi Orang Lain

Otak tengah yang telah diaktivasi dapat membuat keseimbangan hormon dalam tubuh seseorang menjadi lebih baik. Salah satu fungsi dari otak tengah adalah mengatur hormon. Dengan demikian salah satu area yang mendapat pengaruh cukup bear adalah emosi.

Seseorang yang otak tengahnya tidak diaktifkan mempunyai keseimbangan emosi yang sangat baik dan mampu mengontrol emosinya dengan lebih baik. Ketika kita dihina orang lain, sebenarnya emosi kita mendapatkan “serangan”. Jika kita tidak dapat menyeimbangkan emosi tersebut, kita bisa lepas kontrol. Namun, jika otak tengah seseorang telah diaktivasi, ia dapat mengontrol emosi dengan lebih baik. Seorang anak dengan otak tengah yang aktif akan mempunyai rasa mengasihi sesama dan menghormati orang tua lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya.

Otak tengah akan menyeimbangkan perkembangan otak kanan dan otak kiri. Keseimbangan ini akan menyebabkan rasa senang dalam emosi seseorang. Seseorang dengan emosi positif akan dapat menerima pelajaran dengan lebih baik. Sifat dari orang dengan otak yang seimbang akan menjadi penuh kasih dan lebih memerhatikan orang lain.

Meningkatkan Kemampuan Inovasi dan Kreativitas

Inovatif adalah mampu menemukan dan menciptakan hal-hal baru. Jadi bukan suatu peniruan dari yang sudah ada. Kemampuan inovasi dan kreativitas yang tinggi dapat dipergunakan untuk menghasilkan produk yang baru. Hal ini juga dapat dipergunakan untuk mencari alternatif pemecahan masalah yang baru. Seseorang dengan kapasitas intelektual yang tinggi belum tentu mempunyai daya inovasi dan kreativitas yang tinggi.

aktivasi-otak-tengahMeningkatkan Konsentrasi

Meningkatnya konsentrasi dapat meningkatkan aya tangkap sseorang. Setelah otak tengahnya diaktivasi, dia bisa lebih baik menangkap hal-hal yang rumit dan lebih mudah mengerti atau memahami sesuatu.otak tengah adalah pabrik dopamine terbesar di otak. Dopamine digunakan sebagai zat untuk mengantarkan sinyal antarneuron (neurotransmitter). Kekurangan dopamine akan menyebabkan berkurangnya daya ingat, daya tangkap, dan konsentrasi. Otak tengah yang aktif akan menyuplai kebutuhan dopamine otak dengan jumlah yang cukup.

Meningkatkan Kemampuan Fisik dalam Berolahraga

Tidak sedikit kesaksian anak-anak yang meningkat rekor olahraganya setelah otak tengah mereka diaktivasi. Mereka mampu mengontrol tubuh dengan lebih baik, anak-anak tersebut menjadi lebih berbakat daripada sebelumnya.

Otak tengah adalah bagian otak yang mengatur gerakan tubuh. Banyak anak merasakan peningkatan dalam pengontrolan gerakan tubuh, terutama ketika berolahraga yang membutuhkan ketelitian tinggi. Manfaatnya bukan hanya dirasakan oleh anak yang senang berolahraga, tetapi juga oleh anak-anak yang senang dengan tarian dan gerakan tubuh lainnya. Gerakan yang banyak membutuhkan koordinasi mata dengan bagian tubuh lain akan banyak sekali ditingkatkan dengan aktifnya otak tengah.

Meningkatkan Keseimbangan Otak Kanan dan Kiri

Keuntungan yang paling terasa pada anak-anak yang telah diaktivasi otak tengahnya adalah otak kanan dan kirinya semakin seimbang. Keseimbangan ini akan membuat anak tersebut lebih mudah berhubungan dengan orang lain.

Sumber: Hartono Sangkanparan, “Dahsyatnya Otak Tengah“, Jakarta: Transmedia Pusta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s