Psikologi komputer masa depan

Psikologi komputer masa depan
nama : Usber Fransiskus M.
kelas : 2PA01
npm : 16509974
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmatnya sehingga saya dapat menyusun makalah ini. Pertama saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Dosen mata Kuliah Psikologi dan teknologi internet yang sudah memberikan saya kesempatan mengerjakan makalah ini. Dan selanjutnya saya ucapkan terimakasih kepada teman – teman yang mendukung baik langsung atau tidak langsung dalam penyusunan makalah ini.
Tentunya dalam penulisan makalah ini terdapat ketidaksempurnaan, oleh karenanya atas kekurangan ini kiranya dapat dimaafkan. Semoga makalah ini bias menjadi masukan yang berharga bagi semua pihak. Harapan saya dari disusunnya makalah ini dapat menjadi pelajaran bagi saya bagaimana menyusun makalah yang baik, walaupun masih belum sempurna semoga makalah ini menjadi masukan yang baik bagi tiap pembacanya. Saya juga mengharapkan arahan dari dosen untuk menyempurnakan makalah ini baik isi maupun aspek lainnya.

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR 1
DAFTAR ISI 2
BAB I 3
BAB II 5
BAB III 8
DAFTAR PUSTAKA 9

BAB I
PENDAHULUAN
I.1 Latar belakang
Psikologi sebagai ilmu kejiwaan memang erat hubungannya dengan ilmu lainnya. Cabang ilmu psikologipun cukup banyak diantaranya psikologi klinis, psikologi kepribadian, psikologi abnormal, psikologi social, psikologi olahraga, psikologi kriminal dan lain – lain. Kini muncul bahasan baru ilmu psikologi yang diaplikasikan pada ilmu komputer atau yang kini disebut sebagai Psikologi Komputer. Kemunculan cabang ilmu Psikologi komputer tidak lepas dari tuntutan perkembangan zaman yang kerap dimulai dari pesatnya perkembangan ilmu komputer. Kehadiran psikologi komputer adalah sebagai pedoman teoritis maupun aplikatif kejiwaan terhadap penggunaan teknologi komputer dan perkembangan teknologi itu sendiri. Hal ini dimaksudkan agar ada batasan antara pemanfaatan teknologi dengan keseimbangan kejiwaan.
I.2 Rumusan masalah
Sehubungan dengan latar belakang psikologi computer diatas, maka yang menjadi rumusan masalah adalah :
1. Apa itu psikologi komputer ?
2. Mengapa psikologi komputr begitu penting ?
3. Faktor apa saja yang menyebabkan kemunculan psikologi komputer ?
I.3 Tujuan penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah agar didapat informasi – informasi penting mengenai psikologi computer. Informasi – infomasi ini mencakup, pengertian psikologi computer, seberapa penting psiokologi komputer dan faktor – faktor yang menyebabkan kemunculan psikologi komputer.
I.4 Sistematika penulisan
Makalah ini tersusun atas tiga bagian utama yaitu, pertama : pendahuluan, meliputi latar belakang masalah, rumusan masalah tujuan penulisan dan sistematika uraian. Kedua : isi atau pembahasan yang meliputi penggertian psikologi komputer, aplikasi psikologi dalam ilmu computer dan keuntungan penggunaan ilmu psikologi dalam pengembangan teknologi komputer. Ketiga : kesimpulan dan saran untuk pembaca.

BAB II
ISI DAN PEMBAHASAN
II.1 Makna Psikologi komputer
Psikologi komputer adalah ilmu yang mempelajari aspek –aspek psikologis manusia pada pengaplikasiannya dengan teknologi komputer dan perkembangannya. Dalam setiap kesempatan kita akan mendapati bahwa ilmu psikologi sangat erat kaitannya dengan ilmu lainnya, termasuk ilmu koomputer. Sebagai contohnya adalah dalam penggunaan program / software komputer kerap kali program – program yang tersaji memberikan pengaruh psikologis pada para pemakainya, mulai dari menambah motivasi belajar sampai meningkatanya kemampuan berpikir dari hasil belajar. Namun tidak bias dipungkiri bahwa kadang dampak burukpun terjadi akibat ketergantungan manusia pada teknologi komputer. Dalam hal ini penting adanya pemahaman – pemahaman ilmu psikologi pada kaitannya dengan pemanfaatan teknologi komputer.
II.2 Aplikasi ilmu psikologi dalam ilmu komputer
Psikologi sebagai ilmu kejiwaan banyak membahas mengenai dampak – dampak kejiwaan dalam pemanfaatan sesuatu, termasuk teknologi computer. Dampak tersebut muncul kepermukaan seiring dengan penerapannya didunia nyata / kehidupan sehari – hari.
Psikologi sendiri dapat diterapkan pada ilmu teknologi komputer sebagai sarana penyeimbang antara kemajuan zaman dengan aspek kejiwaan manusia. Sebagai contoh pengaplikasian psikologi pada ilmu komputer berikut ini akan dibahas mengenai hal tersebut.
a. Psikologi berperan sebagai penyeimbang
Dalam penggunaan software pembantu kerja manusia diharapkan pembuat software mempertimbangkan aspek psikologis yang akan terjadi pada penggunanya sehingga tidak menimbulkan rasa ketergantungan yang berdampak pada penurunan kreatifitas individu sebagai pengguna.
b. Psikologi berperan sebagai dasar – dasar analisa pemecah kebuntuan
Kadang kala individu mengalami kebuntuan dalam pengembangan suatu teknologi. Mungkin ada banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi, tapi dengan melakukan analisa terhadap kebutuhan psikologi “user” maka dengan mudah muncul ide – ide baru yang membantu dalam usaha pengembangan suatu teknologi.
c. Psikologi berperan sebagai sarana konseling dan motivasi
Beberapa masalah mungkin tidak dapat dijelaskan dengan menggunakan teori – teori sains yang bersifat logis. Penggunaan ilmu psikologi tentunya sangat membantu dalam penyelesaian masalah – masalah yang sifatnya non-teknis , misalnya stress kerja, perselisihan dengan rekan dan lain – lain yang tujuannya adalah untuk menambah motivasi dan peningkatan kinerja individu yang memanfaatkan kemajuan teknologi komputer.
d. Psikologi sebagai landasan pengambilan keputusan
Banyak yang tidak menyadari bahwa tiap keputusan yang diambil dalam hal apapun selalu berdampak pada sisi psikologis seseorang. Psikologi dalam hal ini menjadi landasan pengambilan keputusan yang bertujuan untuk meminimalisir efek negatif. Misalnya saja pada peluncuran produk komputer. Seorang yang membuat produk tersebut harus tahu betul kapan produk diluncurkan dan kepada siapa produk diperuntukan, tentunya dengan mempertimbangkan efek – efek psikologis “user”. Jangan sampai seorang “user” malah merasa terbebani oleh produk tersebut akibat waktu peluncuran yang terlalu cepat dari yang seharusnya dilakukan ataupun salah sasaran pasar. Adalah hal yang sangat keliru bila software yang diperuntukan untuk orang dewasa justru dipakai / dijual pada pelajar yang pola dan kemampuan kognitifnya belum mampu. Contoh : penggunaan visual basic untuk anak sekolah dasar.

II.3 Keuntungan psikologi computer
Sebagaimana dijelaskan pada pembahasan pengaplikasian psikologi computer diatas maka dapat terlihat jelas banyaknya keuntungan penggunaan ilmu psikologi pada teknologi computer. Berikut ini adalah gambaran keuntungan penggunaan penggunaan ilmu psikologi dalam teknologi computer.
a. Dengan memanfaatkan psikologi pada teknologi komputer akan banyak penyesuaian yang seimbang antara kebutuhan kemajuan zaman dan aspek psikologis.
b. Ilmu psikologis menjelaskan bagaimana teknologi komputer menjadi sangat bermanfaat bagi perkembangan kognitif seseorang.
c. Ilmu psikologi menjelaskan apa saja yang menjadi kebutuhan – kebutuhan masyarakat terhadap pemanfaatan computer.
d. Ilmu psikologi membantu teknologi menjadi semakin berkembang dengan gagasan dan ide – ide baru yang muncul dari individu yang sehat secar psikis.

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
III.1 Kesimpulan
Dari bahasan makalah diatas maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa ilmu psikologi sangat erat kaitannya dengan ilmu lain termasuk ilmu teknologi computer. Psikologi banyak berperan pada usaha – usaha pengembangan teknologi computer dan bagaimana pemanfaatannya secara tepat dimasyarakat agar meminimalisir dampak negative dari kemajuan zaman.
III.2 Saran
Sebagai penulis saya menyarankan agar pembaca mampu memahami isi tulian ini sehingga dalam penerapannya dapat terlaksana dengan baik. Dan juga penulis menyarankan selalu gunakan pertimbangan psikologis dalam hal apapun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s