IMPLEMENTASI TEORI SOCIAL COGNITIF – BANDURA

Pengalaman pribadi mengenai Modeling prilaku :
Mama saya adalah orang yang disiplin untuk masalah waktu. Dalam hal bangun dipagi hari Mama saya tidak pernah kesiangan, bahkan bias dipastikan hampir setiap harinya ia selalu bangun paling awal disbanding kita semua. Suatu ketika saya melihat Mama menepuk bantal sebelum tidur, dan esok harinya akupun bertanya mengenai hal itu. Ternyata itu adalah sugestinya untuk bias bangun pagi. Mama mencontohkan kepadaku cara mensugesti diri untuk bangun pagi. Bila ingin bangun jam 5 maka yang harus aku lakukan adalah dengan menepuk bantal itu 5 kali sebelum tidur, bila ingin bangun jam 4 maka tepuk bantal itu 4 kali dan begitu seterusnya. Cara ini terbukti ampuh dan menjadi sugesti yang terus saya pakai sampai saat ini, jadi saya tak harus mengeluarkan uang untuk membeli jam Waker dan baterainya. Dan hal ini juga kembali diikuti oleh keponakan saya yang tinggal serumah, walau hasilnya belum dirasakan olehnya.
Bentuk modeling yang tergjadi adalah prilaku memukul bantal sebelum tidur yang didapat dari Mama. Hal ini juga membuktikan bahwa lingkungan mempengaruhi prilaku kemudian membentuk kepribadian, lalu kemudian prilaku juga kembali mempengaruhi lingkungan.

Tinggalkan Balasan

