Duta kampus

Senin Tanggal 16 Mei fakultas Psikologi kampus gw dijadwalkan untuk assessment dari BAN- PT atau Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Dari namanya aja udah ketauan bahwa kampus gw akan dinilai status keakreditasnnya. Selama ini fakultas gw audah mendapatkan akreditasi peringkat A , jadi kami dari pihak kampus harus bisa mempertahankan itu. Aspek yang dinilai diantaranya adalah, Visi & misi fakultas, kegiatan pelaksanaan kurikulum, pelaksanaan penelitian dan lain – lain.
Untuk menilai itu semua maka dari pihak Assessor meminta “konfirmasi” dari pihak fakultas yang terdiri atas Dekan, Pembantu Dekan, Dosen dan Mahasiswa. Nah dikesempatan kali ini gw dan 19 mahasiswa lain diminta menjadi perwakilan dari mahasiswa.
Awalnya gw pikir ini sekedar sesi Tanya jawab biasa, tapi setelah semaleman gw renungi ternyata ini untuk nama baik kampus terutama fakultas Psikologi. Begitu gw 100% sadar maka gw langsung mempersiapkan diri sebaik mungkin. Salah satu dosen sempat ngingetin kita untuk menjawab seperlunya. Hal ini jadi acuan utama buat gw, karna gw punya kebiasaan cerita yang kadang malah keluar dari pokok permasalahan.. hihihi..
Disini tiap angkatan diwakili 5 mahasiswa , dan untuk angkatan 2009 diwakili setan – setan bernama Indri, Chihua, Pupung, Falah dan gw sendiri. Dan dengan bangganya kami ngebanyol dan menyebut diri kami adalah “Duta Kampus” , alasannya karna kami jadi perwakilan kampus untuk ketemu pihak luar. Hahahah..
Sabtu tanggal 14 kita udah diundang untuk ngumpul bareng petinggi fakultas dalam rangka penyampaian informasi mengenai apa itu Visitasi fakultas atau assessment fakultas. Setelah ngobrol ringan kitapun dijadwalkan untuk hadir tanggal 16 mei jam 8.00 pagi. Jadilah kita senin itu akan dateng jam 8.00 dan faktanya ada beberapa yang ngaret termasuk gw yang dateng jam 8.20.
Begitu sampe parkiran kampus gw langsung dapet telpon dari Indri,
“Hallo” sapa gw,
“Ben, udah dimana?”
“udah diparkiran”
“gw didepan deket parkiran” ucap Indri menjelaskan posisinya.
“oh ya udah gw kesana”
“eh.. eh.. gw udah liat lu..” kata indri sambil palanya menengadah nyari gw.
Dari jarak sekitar 5 meter Pupung yang emang udah barengan sama Indri dari tadi langsung komentarin gw yang ngebawa plastic kresek kecil. “hahaha.. bawa bekel”
“iya nih Pung gw belom sarapan, ini batagor barusan gw beli di deket situ” ucap gw sambil nunjuk kearah tukang parfum.
Dan Indri yang kebetulan belom sarapan juga minta dianterin untuk beli Batagor. Dan karna memang gw tadi belom bayar karena uang gw ga ada kembaliannya, jadinya Indri ngebayarin dulu deh,, dan berarti gw masih punya utang goceng ama Indri.. hihihi..
Setelah kami berlima kumpul, kamipun langsung menuju gedung 4 lantai 6. Tepat didepan gedung itu kami ketemu sama sesama mahasiswa yang juga termasuk dari 20 perwakilan mahasiswa. Lucunya adalah Chihua manggil dia “kak” , padahal dia adalah ade kelas kami. Chihua nyebut begitu karena pas tanggal 14 mei orang ini duduknya sebaris sama angkatan 2007. Chihua-pun jadi ngerasa ga enak, tapi tetep aja dia ketawa – ketawa.
Kitapun langsung naik lift menuju lantai 6 yang secara kebetulan kita barengan Bu Warda, dosen kita yang lucu. Dan setelah sampai, jreng.. jreng.. jreng.. ternyata ruang itu masih sepi. Yang udah kumpul adalah dosen – dosen yang lagi diskusi. Sedangkan mahasiswanya masih cukup langka.
Karena baru sedikit kitapun diminta untuk nunggu, disela – sela nungguin mahasiswa yang laen kami berlima mulai ngomentarin sekeliling kita, ya dosennya, ya orang – orang yang bolak – balik, dan petugas kebersihan yang kaya bingung mau ngapain.
Setelah ngumpul semua kita mulai diajak ngobrol sama dosen. Disitu gw pribadi ngerasa bersyukur bisa ada diruangan itu, karna jarang banget mahasiswa bisa ngobrol seruangan dengan dosen dalam konteks yang non formal dan serba hangat. Mereka ternyata juga menggunakan bahasa “LU-GUA” dengan sesame dosen yang seumuran. Awalnya bahasa merka agak lucu kedengeran dikuping gw, tapi lama – kelamaan jadi kedengeran wajar.. hihihi
Berjam – jam berlalu, makan siang juga udah kami bantai ternyata giliran mahasiswa untuk di- Assess belum dateng juga, mata mulai ngantuk, badan mulai pegel, pantat mulai panas. Ditengah kepenatan itu ade kelas yang tadi berujar mau pulang karna ada janji kedokter. Hmm.. ntah bener atau ngga , tapi yang jelas dia keliatan udah bosen banget nungguinnya.
Sekitar jam 13.40 akhirnya kita dipanggil untuk “ngobrol” dengan pihak Assessor. Diruangan yang dingin itu, mungkin suhunya dibawah 16 derajat, kami mulai ditanyai ini – itu oleh pihak Assessor dan kabar baiknya adalah kami bisa memberikan jawaban dengan lancer dan jelas kepada pihak Assesor. Gw percaya ini ga lepas dari doa temen – temen yang lain yang kebetulan ga ikutan disini.
Setelah selesai “ngobrol” dengan pihak Assessor kamipun kembali keruangan tempat kami tadi menunggu. Diruangan itu kami diajak ngobrol sama dosen – dosen dan mereka minta diceritain apa aja yang tadi terjadi selama Assessment. Dan dengan senang hati gw ceritain hal – hal yang ditanyain sama pihak Assessor. Mereka semua keliatan seneng ngedenger cerita kita yang bisa dengan lancar ngejawab apa yang ditanya. Diobrolan inilah kami semua membaur banget, udah kaya temen akrab yang lagi ngegosip.. hiihih
Karena semua selesai kamipun pulang. Tapi berhubung Falah baru aja ulang tahun tanggal 15 mei, jadi kami “nuntut” traktiran dari dia hehhe..
Setelah terjadi sms – smsan dan telpon – telponan akhirnya kam putuskan ke rumah Nadia dulu karena Pupung ada kepentingan untuk ngerjain tugas barengan kelompoknya. Tapi sebelum berangkat kerumah Nadia, kami ke Margo city dulu buat nemenin Falah nuker sepatu yang dia beli tapi ternyata kekecilan. Dan sebelum ke Margo city ternyata dua ade – kaka ini (Falah & Papung) harus kekostan Pupung buat ngambil motor.. emang dah ah ini orang ribet banget !!!
Setelah selesai nuker sepatu kami langsung menujuu rumah Nadia yang udah lumayan rame karna ada pengerjaan tugas. Nyampe disana Falah langsung melampiaskan hasratnya untuk BAB. Dari pada nungguin Falah yang udah klimaks kami memilih ngebantuin kelompoknya Pupung untuk pengambilan gambar buat tugas.
Dipengambilan gambar yang ga sampe 20 menit itu, posisi gw Cuma jadi figuran yang lewat tanpa dialog. Ntah mungkin karena bosen ngeliat kelakuan kita, langitpun ngusir kita dengan siraman hujannya.
Ditemani tetesan hujan dan langit yang kelam kamipun mulai ngobrol – ngobrol ini – itu. Dan kekacauan terjadi saat Jamet cerita dan kebongkar bahwa ceritanya adalah boong. Dia malu luar biasa karna dengan gampangnya dia ketauan ngeboong. Dan dia keliatan nyesel banget karena setiap dia cerita kita jadi setengah hati ngedengernya karna udah terlanjur males. Diapun diam dan terlihat merenung.. hahaha..
Ntah ada angina pa tiba – tiba Chandry dateng dengan gayanya yang agak aneh, mirip Ivan Gunawan. Kitapun nglanjutin obrolan sambil nunggu ujan bener – bener berenti. Disela – sela obrolan ga sengaj kaki gw ketekuk dan menyebabkan keseleo yang kemaren gw alamin kambuh. Gw pun mijit – mijit sendiri kaki kiri gw itu sambil dioles pake balsem yang emang selalu ada ditas.
Ujanpun berenti, tapi mereka semua malah ngobrol – ngorol aja. Pupung-pun harus pulang duluan karana bokapnya udah ngejemput. Dan setelah keluar masuk teras & ruang tamu gw ngerasa pusing, dan setelah gw pegang leher ternyata badan gw agak panas. Karna mereka semuangakunjung bergerak untuk pergi menuju tempat traktirannya Falah, akhirnya gw pulang duluan karna badan gw makin panas dan agak menggigil.
Sampe dirumahpun gw Cuma bisa tiduran, tapi sejam kemudian semua rasa menggigil itu mulai ilang. Dan tentunya tanpa obat apapun.. heheh..
Sebelum benar – benar tidur, gw juga sempet twiteran dan sms-an buat nyari lucu – lucuan biar bisa nyenyak tidurnya,, hahhaha ga nyambung..

Tinggalkan Balasan

