suasana hati (hak)

Suasana hati sebenernya adalah keputusan. Ketika kita berpikir bahwa kita akan sedih maka hati akan merespon segala yang terjadi dengan kesedihan, dan sebaliknya ketika kita berpikir kita akan senang maka hati akan merespon segala yang ada dengan kesenangan bahkan hal – hal yang tidak masuk akal sekalipun.
Sebagai contoh seorang siswa yang baru saja menerima hasil ulangan, kemudian melihat nilai yang didapatnya dia lalu berpikir bahwa nilai ujiannya sangat tidak memuaskan maka sepanjang hari ia akan terus merasa tidak puas bahkan malu dan kesal. Ditempat berbeda temannya yang mendapat nilai yang sama dengan dia justru setelah mengetahui nialainya tersebut dia berpikir bahwa nilai tersebut sangat memuaskan dan oleh karenanya sepanjang hari itu dia merasa bahagia.
Dari contoh tersebut kita dapat menarik sebuah kesimpulan bahwa apapun yang terjadi sebenarnya kita bisa menentukan apakah kita harus senang atau sedih, atau mungkin biasa – biasa saja.
Berkaca pada diri saya sendiri, kemarin saya mendapati diri saya dalam suasana yang sedih. Sepanjang hari saya seperti terkurung dalam pemikiran negative dan cenderung emonsional. Menjelang malam saya coba merefleksikan diri, dan dari sanalah saya merasa bahwa banyak waktu dan energy terbuang sia – sia saat saya sedang dalam kondisi itu. Tentunya saya akan mengurangi hal itu.
Hari ini, sejak pagi tadi saya sudah memutuskan untuk senang hari ini, apapun yang terjadi. Kebetulan hari ini saya akan berkumpul dengan kawan- kawan, ya walaupun Cuma berempat, Fani, Jule dan Bejong. Rencananya kami akan nonton film sambil menunggu buka puasa. Memang sebenarnya tajuk utamanya adalah “buka puasa bersama” atau lebih tepatnya “nemenin buka puasa, karena yang berpuasa hanyalah Fani dan Bejong.
Alasan lain mengapa hari ini saya harus senang adalah karena hari ini saya akan ke radio Mustang di Grand Indonesia. Jangan Tanya untuk apa, biar waktu yang akan menjawabnya.. hehehe..
Oke mari kita semua putuskan mau seperti apa suasana hati hari ini ??

🙂😦😥

2 responses

Tinggalkan Balasan

