5 film favorit

Gw memang bukan maniak film, tapi dari sekian banyak film yang udah gw tonton ada beberapa yang sangat gw suka. Nah berikut ini peringkat film terbaik menurut gw :
1. Invictus

Film ini mengisahkan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela. Di film ini Mandela atau yang lebih akrab disapa Madiba berhasil menjadi Presiden Afsel setelah bebas dari penjara selama 27 tahun. Film ini menggambarkan bahwa mempersatukan bangsa yang sudah terpecah juga bisa lewat hal – hal kecil yang bahkan tak diduga orang kebanyakan. Mandela coba mempersatukan rakyat lewat olah raga rugby. Sempat mendapat tentangan dari komite olah raga setempat karena dianggap olah raga rugby adalah symbol kebanggaan apartheid, yakni golongan kulit putih Afsel yang sudah ratusan tahun menindas kaum kulit hitam. Tapi lewat pendekatan dan filosofi yang baik akhirnya Mandela bisa menyatukan antara kebencian kulit hitam dan egoism kulit putih. Keraguan dan kebencian orang kulit hitam akhirnya mulai luntur ketika tim nasional rugby melakukan kunjungan ke desa – desa dimana mereka mulai mau bersosialisasi dengan masyarakat terutama anak – anak. Hal ini berimbas pada dukungan penuh terhadap timnas rugby Afsel meski hanya diperkuat oleh satu orang kulit hitam bernama Chester. Dalam misi yang boleh dibilang hamper tidak mungkin menang dipiala dunia itu, ternyata Afsel yang menjadi tuan rumah bukan hanya mampu menang melawan satu Negara, mereka justru bisa juara dunia dibawah kepimimpinan kapten berjiwa karismatik, Francois. Alasan gw menempatkan film ini di posisi satu adalah karna ini merupakan kisah nyata.

2. Transformer 1 – 2 – 3

Film ini kayanya adalah film favorit didunia, tentunya karena animasi dan efek suara yang luar biasa. Film ini mengisahkan tentang alien dari planet Cybertron yang saling berebut kekuasaan. Decepticon yang dikepalai oleh Megatron berusaha untuk merebut bumi dari manusia untuk dijadikan planet tempat mereka tinggal karena Cybertron yang telah hancur. Namun usah tersebut selalu dipatahkan oleh Autobots yang dipimpin oleh Optimus Prime. Setelah penyelamatan itu akhirnya para Autobots bekerja sama dengan manusia untuk menjaga keamanan dari serangan Decepticon. Diserialnya yang kedua Optimus Prime sempat mati setelah kalah bertarung dengan Decepticon. Namun berkat bantuan Sam, manusia biasa yang sejak awal sudah banyak membantu Autobots, akhirnya Optimus bisa hidup kembali setelah Sam memasangkan Matrix ditubuh Optimus. Bumipun kembali bisa diselamatkan. Diserialnya yang ketiga dikisahkan bahwa selama ini pemerintah bersama NSA telah menyimpan rahasia penemuan di bulan saat mendaratnya Apollo 11. Ternyata penemuan itu adalah kapal besar yang diwaaki oleh Sentinel Prime, pemimpin Autobots sebelum Optimus Prime. Mengetahui hal itu para Autobots langsung menjemputnya kebulan untuk menyelamatkan Sentinel yang sudah sekarat. Tapi tak disangka – sangka ternyata setelah diselamatkan Sentinel malah berkhianat dengan bekerja sama dengan Decepticon dan berencana untuk membangun kembali Cybertron dengan menggunakan energi Bumi. Beruntung para Autobots cerdas sehingga merekapun bisa kembali dikalahkan, bahkan diakhir sesi Optimus dengan sangat terpaksa akhirnya membunuh leluhurnya tersebut.

3. Genghis Kanh

Genghis Kanh adalah intelektual perang dari tanah Mongolia. Boleh dibilang dia adalah pemimpin perang terbesar didunia. Orang yang tadinya bukan siap – siapa tapi bisa merebut kekuasaan sampai ke Eropa Timur. Strategi perangnya dijadikan standar untuk perang sampai perang dunia kedua. Meskipun kejam, tapi dia adalah pemimpin perang yang sangat disegani oleh seluruh pengikutnya karena cara berpikirnya yang luas. inilah perilaku pemimpin perang yang memunculkan kalimat “dalam perang tidak ada satupun yang hitam apalagi putih”

4. My Name is Khan

Film yang diperankan oleh Sharuhk Khan ini berlatarkan perselisihan antar agama. Dalam film ini Khan berperan sebagai penyandang autis dan sindrom Asperger. Dari film ini banyak pesan moral dalam film ini, diantaranya ketika ibu dari Khan berkata, “didunia ini hanya ada 2 jenis manusia, jahat dan baik”. Dari kalimat ini menjukan penghargaan terhadap pluralism. Dalam film ini diceritakan pula saat Khan akhirnya menikah dengan seorang Hindu bernama Mandira dan hidup berdampingan di Amerika serikat sampai akhirnya mereka bertikai setelah anak Mandira meninggal dunia karena di bully oleh temannya yang tak suka pada pada Sameer yang bapaknya adalah seorang Muslim yang oleh kebanyakan orang Amerika sudah distereotipkan bahwa Muslim adalah teroris. Karena hal itulah akhirnya Khan bertekad untuk bertemu dengan Presiden Amerika hanya sekedar untuk berkata, “My name is Khan and I’m Not a terrorist”

5. IP Man (Ye Wen) 1 – 2 – 3

Film ini bercerita tentang seorang pelatih kung fu bernama Ye Wen yang tinggal didaerah Fo Shan, salah satu provinsi di China. Dikisahkan tentara jepang yang ketika itu sedang menjajah China akhirnya sampai di Fo Shan yang damai. Kehadiran tentara Jepang berimbas pada kelaparan diseluruh wilayah China termasuk Fo Shan. Strategi ini menyebabkan banyak masyarakat yang mati kelaparan hingga penduduk yang masih hidup jumlahnya tak lebih dari setengahnya. Tapi akhirnya berkat bela diri yang dimilikinya, Ye Wen bersama rakyat melakukan perlawanan. Diakhir sesi turut ditmpilkan gambar – gambar kondisi Fo Shan saat dan setelah perang. Dan yang paling mengejutkan adalah ketika ditapilkan adegan seorang Bruce Lee cilik meminta untuk diajari kung fu oleh Ye Wen.
Di serial ke dua dikisahkan kelajutan penjajahan dan kali ini oleh Amerika Serikan dan sekutu. Disini terjadi perlawanan yang sangat mengharukan, karna ketimpangan kekuatan antara tentara Amerika dan Fo shan, bahkan Ye Wen hamper mati saat harus bertarung 1 lawan 1 di arena tinju yang mengharuskannya bertarung dengan orang berbadan besar, celakanya dia tidak diperkenankan menggunakan kaki, padahal ilmu kung fu yang di kuasai sangat membutuhkan kaki.
Diserial ketiganya kali ini mengisahkan Ye Wen ke masa Lalunya termasuk masalah percintaan dan sekolahnya.

Nah itulah 5 film terfavorit gw, gimana kalo lu ?? 

5 responses

  1. Klo dari daftar ini ane suka yg Transpormer ama Ip Man gan,
    Yg Invictus ama Genghis Khan kelihatannya boleh juga ditonton,

    Ane punya saran, coba aja liat Bruce Lee My Brother (Biography Bruce Lee pas masih muda), pilm itu bgs jg, agak nyrempet2 dg IP Man,

    Salam Kenal,
    @zahroul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s