me, BEMF & PPSPPT :-)

Sekitar jam 6 pagi panitia PPSPPT sudah berkumpul meskipun ada beberapa yang telat. Hari ini tanggal 15 agustus 2011 dilangsungkan kegiatan PPSPPT atau yang biasa disebut ospek. Kegiatan ospek fakultas psikologi dilangsungkan dihari yang sama dengan satu fakultas lain, tapi dalam format dan struktur kepanitiaan yang berbeda.
Tampak banyak mahasiswa baru berkerumun didepan gerbang kampus untuk segera mengikuti ospek ini. Ada pemandangan yang cukup lucu dimana ada beberapa mahasiswa yang masih diantar oleh orang tuanya.
Begitu pintu gerbang dibuka untuk mahasiswa baru, merekapun masuk dengan sangat semangat, hmm.. sempat terucap dalam hati “wah belom tau mereka bakal diapain mereka.. hehehe”. Berhubung kegiatan ini dilangsungkan bersama fakultas lain, jadi kami bisa melihat juga apa yang dilakukan fakultas lain. Ada sedikit perbedaan cara ospek antara fakultas psikologi dan lain, dimana fakultas lain sedikit lebih menggebu – gebu dan lantang dalam memberikan intruksi.
Kembali ke panitia ospek fakultas psikologi. Sebelumnya seluruh panitia sudah dibagi tugasnya masing – masing, ada yang menjadi MC yaitu Rahmat dan Ratna, keamanan Bachty, Galih, Dimas dan Dicky. Diseksi dokumentasi ada Fadil dan Viki dibantu beberapa anggota UKM Snap Fotografi. Dan seksi perlengkapan yang dipimpin oleh Baran, lalu diseksi disipliner dipimpin oleh Nina. Dan yang saya dapatkan adalah menjadi seorang Penanggung jawab kelompok bersama 12 orang lainnya. Pembagian nama kelompoknyapun cukup unik, karena kami menggunakan nama jenis –jenis tes dalam ilmu psikologi.
Kelompok 1 TAT dipimpin oleh Rizki
Kelompok 2 HTP dipimpin Ratna
Kelompok 3 DAP dipimpin oleh Yessica
Kelompok 4 Baum dipimpin oleh Iqbal
Kelompok 5 Rorscharh dipimpin oleh Hanan
Kelompok 6 Wartegg dipimpin oleh “Chuke” (nama panggilan)
Kelompok 7 WAIS dipimpin oleh Kerrie
Kelompok 8 WISC dipimpin oleh Purwo
Kelompok 9 Pauli dipimpin oleh Alfalah
Kelompok 10 DAT dipimpin oleh Amel
Kelompok 11 Kasuistika dipimpin oleh Indah
Kelompok 12 Dragon Test dipimpin oleh Usber
Kelompok 13 RMIB dipimpin oleh Ahadi
Dan yang menjadi ketua pelaksana adalah Ajeng, dan penanggung jawabnya adalah Endinia.
Banyak diantara PK yang sebenarnya sulit ataupun tidak terbiasa berteriak lantang, termasuk saya sendiri, maka dari itu terkadang para PK agak canggung ketika harus membentak peserta ospek yang sulit diatur. Bahkan ada peserta yang malah tertawa saat sedang melihat temannya dibentak dengan nada yang “goyang”. Yaitulah kami, mungkin karena kami sudah terbiasa untuk “menertawakan” situasi maka sulit bagi kami untuk terlihat menakutkan walau hanya sekedar acting.. hehehe..
Setiap peserta sudah diberikan petunjuk mengenai perlengkapan dan aturan dalam PPSPPT beberapa hari sebelumnya, jadi tidak ada alas an bagi siapapun untuk melanggarnya. Dan dari sekian macam penlanggaran yang dilakukan para peserta, mayoritas yang terjadi adalah rambut yang tidak sesuai aturan untuk putra dan membawa alat make up untuk putri. Agak lucu melihat beberapa dari mereka yang dengan PeDe-nya membawa gunting. Ketika itu saya pura – pura meminjam gunting, “ada yang bawa gunting, saya mau potong gelang temen kalian.” Lalu dengan semangat mereka segera membuka tasnya, “ini kak.. ini kak..” kira – kira ada 3 orang yang berteriak seperti itu. Mungkin mereka hendak mencari muka dihadapan seniornya, tapi naas bagi mereka karena semua gunting itu langsung disita karena memang ada aturan yang melarang membawa benda tajam. Hahaha..
Lalu dibagian lain setelah beberapa peserta putra yang rambutnya tidak sesuai aturan dikumpulkan, merekapun mendapatkan hukuman. Saya sempat memotong rambut 4 orang peserta, dari keempatnya tak satupun yang mengeluh karena saya memang terlebih dahulu berkata, “mau dipotong kayak apa nih biar kamu ga dendam ?” , dan sayapun coba menuruti request mereka. lalu setelah selesai memotong rambut mereka saya meminta mereka untuk kembali kebarisan, saya berjalan bersama mereka jadi saya bisa melihat mereka yang sedang mengelus dada karena bersyukur setelah melihat apa yang terjadi pada peserta dari fakultas lain yang melanggar aturan yang sama dengan mereka. mereka sempat berujar pelan, “buset parah bener ngebotakinnya..”
Setelah semua tindak indisipliner ditangani semua peserta segera menuju barisan masing – masing kelompoknya. Area ospek sengaja dilangsungkan dibawah tenda karena pelaksanaanya tepat di bulan suci Ramadhan, kamipun tak ingin ada diantara peserta yang malah terpaksa membatalkan puasanya hanya karena kelelahan dan kepanasan.
Acara inti PPSPPT akhirnya resmi dibuka oleh MC yang tidak terlihat canggung meskipun sebenarnya ini adalah kali pertam mereka menjadi MC. Setelah kata sambutan dari ketua pelaksana perkenalan seluruh panitiapun dilakukan. Senyum dan tawa mulai muncul ketika satu – persatu panitia memperkenalkan diri, terutama ketika Alfalah, Bachty dan Ahadi memperkenalkan diri layaknya anak band, “Saya Alfalah.. Saya Bachty.. Saya Ahadi.. kami dari PENDIDIKAN” secara serentak kami semua tertawa melihat kelakuan 3 makhluk usang itu. Setelah itu sambutan dari masing – masing ketua departemen BEM fakultas. Kebetulan dalam waktu dekat,tepatnya tanggal 17 Agustus 2011 BEMF psikologi melalui departeme sosial akan mengadakan acara baksos ke rumah singgah di kota Depok, maka dari itu departemen sosial menjadi yang paling semangat saat menyampaikan info tersebut.
Kami yang memimpin kelompok berdiri didepan barisan dan sesekali coba menertibkan peserta yang malah asik bercanda saat panitia sedang menjelaskan sesuatu. Tapi berbeda dengan saat awal kami memimpin mereka, kali ini kami memberikan intsruksi dan arahan dengan nada yang bersahabat.
Acara selanjutnya adalah games. Games pertama adalah permainan dengan menggunakan tali rafiah yang dibentuk melingkar dengan diameter kira – kira 50 cm. tugas dari peserta adalah memberikan tali itu kerekannya tapi tangan mereka harus saling perpegangan dan tak boleh terlepas, talinya pun harus melewati tubuh , udah kalo bingung ga usah dibayangin dan dipikirin.. hihih.. game kedua malah lebih susah lagi. Semua peserta diminta untuk mengankat pipa yang panjangnya Cuma 2 meter tapi dilakukan oleh seluruh anggota kelompok dengan 2 jari telunjuk tiap pesertanya. Game yang ini jadi game yang paling musingin kelompok yang anggotanya banyak semisal kelompok drafon test yang orangnya ada 21 peserta. Saking susahnya game ini akhirnya batal dicari pemenangya.. hahaha.. kasian si Ajeng yang punya ide..
Selesai semua game acara dilanjutkan dengan adu yel – yel.. diadu yel – yel ini terjadi kompetisi yang seru, karena ternyata ditengah suasana puasa mereka tetep bisa teeriak – teriak walau ga jelas lirik dan nada yel – yel nya.. hahah pada akhirnya yang jadi juara adalah kelompok Pauli.
Sekitar jam 10 pagi gentian dosen – dosen dari Dekan dan Jurusan yang mengisi acara, materi yang disampaikan seputar kurikulum dan fasilitas penunjang perkuliahan. Dan disaat inilah para panitia bisa sedikit beristirahat. Beberapa panitia ada yang tetap berada disekeliling area PPSPPT. Lalu ada yang pergi ke ruang 227 untuk sekedar ngadem, dan adapula yang makan bagi yang memang tidak berpuasa, termasuk saya.. heheh..
Selesai mendengar pengarahan dari dosen peserta kali ini dipersilahkan untuk beribadah sesuai agamanya masing – masing. Sekembalinya beribadah kita semua dipertunjukkan oleh demo –demo UKM, ada pencinta alam, bela diri dan UKM keagamaan seperti Fazhrul Islam. Dari semua demo itu yang paling menarik perhatian adalah bela diri, terutama ketika atraksi memecahkan bata yang berlapis – lapis, semat terlintas dipikiran saya bahwa jangan – jangan batunya palsu, tapi setelah gw dengerin dengan seksama ternyata suara batu yang jatoh itu bunyinya sangat meyakinkan.. hihihi..
Setelah itu semua peserta dikasih buku paket dan jaket almamater kampus, hamper semua keliatan seneng karena mereka ngerasa udah jadi mahasiswa seutuhnya, bahkan saking senengnya mereka langsung make almamater itu dan saling pamer ketemen – temennya yang ada disekitar dia.. hmm.. padahal kan semua juga punya, lah trus kenapa mesti dipamerin ??? hahahah
Disela – sela pamer – pameran almamater itu saya menyempatkan diri untuk sekedar membagi info –info seputar perkuliahan, terutama studentsite dan BAAK, karena mereka banyak yang belum tahu tentang hal itu. Mereka juga sempet menanyakan mengenai program kampus Sarjana Magister. Kebetulan sebelumnya dari UKM Fazhrul Islam sempat disinggung – singgung mengenai program sarmag ini. nah karena beberapa temen saya ada yang keterima diprogram Sarmag ini jadi saya sedikit – banyak bisa ngejelasin ke mereka.

Dan acara paling serupun dilaksanakan, yaitu minta tanda tangan senior !!
Sempet dibikin kualahan sama mereka Karena cara mereka minta tanda tangan cukup membabi buta. Sebenernya untuk dapet tanda tangan tiap peserta harus ngejawab pertanyaan sesuai nama jenis tes kelompoknya masing – masing, tapi berhubung mereka semua mintanya keroyokan jadinya kami para panitia sekaligus senior mereka ga berdaya dibuatnya.. *halahhhhh….😀
Setelah itu diadakan pemilihan king & queen PPSPPT untuk tahun ini, dan yang terpilih adalah Juanre sebagai King dan Yusi sebagai Queen-nya. Sementara itu untuk kakak – kakak ter—ga sempet dihitung semuanya, tapi berdasarkan hasil quick count kakak terbaik jatuh kepada Ma’ruf alias Purwo.. selamat Wo !!!😀
Akhirnya semua acara PPSPPT itu ditutup dengan saling berjabat tangan antara peserta dengan semua panitia. Ga jarang para peserta bilang “maaf ya kak” atau “ makasih ya kak” , hmmm.. bikin terharu aja lu pada.. hiihi
Panitia PPSPPT pun bersyukur acara bisa berjalan lancer tanpa hambatan yang ga terduga. Kita juga ga lupa nyempetin diri untuk foto bareng Pak Teddy, beliau inilah bapanya anak – anak BEM.. heheh
Oh iya kita juga nyempetin diri untuk evaluasi tentang apa aja yang udah dikerjain selama masa PPSPPT, dan yang terjadi adalah ucapan saling meminta maaf kepada semua rekan atas kekurangan masing – masing. Mungkin inilah wujud kerendahan hati kami… hihiihii.. ya apapun itu msetinya memang kita harus mengakui bahwa kita memiliki kekurangan yang wajib untuk dievaluasi.
Setelah sesi mengahrukan itu kita semua mulai berpencar sambil nunggu bedug, ada yang pulang ke kosan, ada yang pergi ngejempu makanan, ada yang tiduran diteras gedung 3 sambil ngobrol – ngobrol dan ada pula yang bengong – bengong berfantasi ria. Hahah
Semua hidangan untuk berbuka puasa sudah tersedia, dan kita semua yang sudah haus Nampaknya sudah siap untuk menyeruput dengan sekuat tenaga. Lalu demi kebersamaan akhirnya Purwo bersedia memimpin doa berbuka puasa, begitu kata amin diucapkan temen – temen langsung minum the hangat dengan sangat seruntulan, dan baru saja seteguk yang diminum bedug maghrib terdengar.. hahah mereka semua batal puasanya, padahal Cuma 2 menit lagi.. ihihi tapi kata salah satu dari mereka bilang, “udah bedug kok dari tadi di Papua.. santai aja..” ahahah
Acara hari itu akhirnya selesai kita semua pulang kerumah masing – masing dengan selamat sentosa nan jaya.. *halahhh..
Thanks buat Angel, Mike, Grace Intan, Eki dan lain – lain yang dari tadi kelupaan nyempilin namanya buat diceritain.. tapi saya inget kok kalian disana juga kerja keras hihihi
Pokonya Thanks untuk semua temen – temen BEMF psikologi yang udah kerja keras untuk menyukseskan acara PPSPPT. Congrats for us 
Warm Regard
Usber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s