vegetarian

Baru aja gw baca blog seorang newbie vegetarian dan gw langsung termotivasi untuk belajar jadi seorang vegetarian. Hmm.. mungkin kedengerannya rada aneh ya, karena aslinya gw ini pecinta daging. Tapi kalo berkaca dari kenyataan yang ada dimana gw udah mulai jarang olah raga, kayanya pilihan untuk menjadi vegetarian adalah pilihan yang baik.. hehe
Mengutip dari blog itu gw mau berbagi info tentang jenis vegetarian :
1. Semi vegetarian
Adalah vegetarian yang masih mengkonsumsi susu, telur dan beberapa jenis daging tertentu seperti ikan dan ayam. Tetapi sudah tidak mengkonsumsi daging merah.

2. Vegetarian Lacto-Ovo
Adalah vegetarian yang sudah tidak mengkonsumsi semua jenis daging-dagingan, tetapi masih mengkonsumsi telur, susu dan produk turunannya. Di kelompok ini ada yang hanya mengkonsumsi susu saja yang disebut vegetarian lacto, ada juga yang mengkonsumsi telur saja yang disebut vegetarian ovo dan ada pula yang mengkonsumsi keduanya yang disebut vegetarian lacto-ovo.

3. Vegan Vegetarian
Adalah vegetarian yang murni mengkonsumsi sayur-sayuran, biji-bijian dan buah-buahan.
Dari beberapa jenis itu mungkin gw akan mulai perlahan dari semi vegetarian sampai akhirnya menjadi seorang vegan vegetarian, gw ga pasang target berapa lama gw bisa sampe jadi seorang vegan vegetarian. Pokonya gw bakal usahain sebisan gw.
Gw tau bakal sulit diawalnya apalagi orang disekitar gw adalah non vegetarian dan kebetulan gw sering makan bareng mereka, jadi gw harus lebih bisa nahan keinginan untuk makan daging. Sebenernya ga makan daging bukanlah hal yang baru dihidup gw, karena gw pernah melakukannya pas pantang daging 40 hari di masa APP, sesuai anjuran gereja.
Dan gw makin optimis bisa melakukannya karena beberapa sugesti gw untuk melakukan sesuatu udah hampir berhasil dan bertahan sampai sekarang, misalnya aja pantang Junk food & MSG. Padahal di kelas gw itu temen – temen sering banget makan makanan itu karena ada yang jualan juga namanya Tuti. Tapi memang beberapa kali gw masih makan karena kondisi dan lupa terlanjur beli.. hihi..
Alasan gw mau jadi seorang vegetarian tentunya untuk jaga kesehatan, selain itu berdasarkan info yang gw baca, dengan menjadi seorang vegetarian akan membuat badan lebih segar bugar karena proses oksidasi ditubuh ga seberat kalo makan daging. Ini juga membuat regenarasi sel kulit jadi makin baik, jadi bikin awet muda.. heheh
Itu bukan Cuma isapan jempol belaka lho, kalo gw inget – inget lagi pas gw pantang daging 40 hari,tiap harinya gw selalu bangun dalam keadaan yang sangat segar dan matapun lebih cerah. Dan juga pasti temen – temen udah tau kan kalo orang yang makan daging punya tekanan darah yang tinggi akibat penyempitan pembuluh darah yang menjadi cikal bakal penyakit jantung koroner. Nah jangan jauh – jauh deh, pasti temen – temen ngerasain kan kalo abis makan daging 30 menit sampai 2 jam kemudian rasa – rasanya denyut jantung jadi lebih cepat, lalu saat jantung mulai relaksasi badan langsung lemes dan bawaanya mau tidur.
Tapi bukan berarti daging itu ga sehat lho.. banyak r pakar kesehatan yang menganjurkan untuk mengkonsumsi protein hewani untuk meningkatkan pertumbuhan dan asupan penambah tenaga. Tapi memang jumlahnya harus sesuai. 
Ya segitu aja dulu share tentang vegetariannya, mohon bantuannya ya kawan 

Tinggalkan Balasan

