Makna Natal

“NATAL” sebuah kata yang bermakna “KELAHIRAN”
Saat orang – orang sibuk dengan selebrasinya aku justru mencoba mencari tahu adakah “NATAL” dihatiku ?
Tahun berganti tahun aku lewati dengan penuh rasa syukur, meski sempat dalam beberapa lembar kehidupanku aku tidak meyakini ini semua.
Saat aku masih kecil dulu, natal berarti pesta besar buat kami umat-Nya. Semua yang terasa hanyalah kesenangan. Tidak terlintas sedikitpun makna sesungguhnya dari Natal itu sendiri. Tapi tidak ada yang salah dengan itu semua, karena inti dari Natal adalah “Kabar Baik”. Bagi seorang anak “Kabar Baik” adalah ketika mereka bisa senang sepanjang hari, sepanjang pekan, bahkan sepanjang tahun.

Sampai akhirnya aku mau belajar memaknai Natal dengan lebih baik, ternyata ada makna lain dari yang selama ini aku pahami.
Natal kini menjadi sebuah refleksi diri, saat dimana aku harus bertanya, “apa yang baru saja lahir dalam diriku?”
Sesuatu yang baru lahir tentunya butuh bimbingan dan cita – cita agar sesuatu yang baru lahir itu tidak sia – sia dalam perjalanan hidupnya.
Kita diberi satu pekan sampai tahun baru tiba untuk menemukan apa saja yang baru lahir dalam diri kita. Saat tahun baru tiba adalah titik awal kita menghidupi dan membuat sesuatu yang baru tersebut menjadi baik sesuai kehendak Tuhan. Jangan biarkan ia tidak tumbuh sebagaimana mestinya.

Bertanya pada hati adalah hal yang paling mudah didunia ini, karena ia tidak pernah berbohong. Jadi tanyalah hati kita masing – masing tentang hal ini dan percayakan semuanya pada Tuhan.
Kalau sejak lahir ada 1 pribadi Tuhan yang lahir didiri kita maka hitunglah sudah berapa pribadi Tuhan yang sekarang ada dalam diri kita?. Atau justru sebaliknya sudah berapa pribadi Tuhan yang kita biarkan mati karena tidak kita pelihara dengan baik ?

Mintalah jawabannya pada hati, karena dia tidak akan berbohong..
Jangan malu mengakui apa yang terjadi, sebab pribadi itu bisa tumbuh dan berkembang sepanjang hidup kita untuk menggantikan pribadi – pribadi yang pernah mati.

Serumit itukah makna Natal ?
Tidak ! hal itu tidaklah rumit, karena makna Natal bukanlah kajian filsafat.
Maknailah Natal dengan cara kita masing – masing karena sebenarnya inti makna Natal adalah “Kabar baik”.

Sepekan kedepan akan jadi waktu yang sangat penting untukku menemukan makna Natal tahun ini.. dan kabar baiknya aku dibantu oleh Tuhan untuk menemukan dan memeliharanya.

Selamat Natal bagi kita semua🙂
Warm regard
Usber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s