Kaleidoslove (Kaleidoscope of love)

Judul yang aneh, tapi sukses membuat hidupku penuh warna. Tema yang diambilpun sebenarnya cukup melankolis. Ya begitulah aku, tampak sangar diluar namun lembut didalam. Hahah..
Tahun ini banyak sisi kehidupanku yang berkenaan dengan hal bernama “Cinta” , jadi aku mau coba berbagi cerita itu disini.

Januari
Theme : Replace

Tahun baru yang indah yang kami rayakan dirumah Nadia dan disambung konvoi ke Kota Tua jadi awal kegembiraan tahun 2011.
Memulai tahun 2011 dengan penuh kebahagiaan, semangat dan harapan baru. Lama rasanya sudah kulewati hari – hari dengan hati yang sepi, namun semua berubah diawal tahun ini.
Hari – hariku banyak dihiasi pikiran – pikiran tentang sosok lembut yang penuh perhatian. Dia bagai letupan gunung berapi yang telah lama tak muncul. Panas.. bukan sekedar hangat. Kehadirannya buatku mulai berani membuka hati, melupakan masa lalu yang tak jelas arahnya. Tak pernah terlintas sebelumnya untuk menjalani hari bersamanya, selain karena perbedaan keyakinan, juga karena awal kukenal dia adalah sebuah ancaman. Dia dan genk-nya adalah kelompok yang sangat membenciku. Namun apa mau dikata, hati telah berbicara. Kamipun sepakat menjalani hari bersama.
Kami yang memang berbeda mencoba untuk saling meyakinkan, meskipun terkesan sembunyi – sembunyi. Banyak harapan yang dia berikan padaku, yang membuatku tak punya alasan untuk tidak bahagia.

Februari
Theme : Think of thing

Tawaran untuk kuliah program sarjana magister memberikan tantangan tersendiri buatku. Hal yang sama juga dia terima. Ada kesamaan diantara kami, yaitu sama – sama menolak tawaran itu. Aku punya alasan untuk karirku, sedangkan dia beralasan takut kehilangan kesehariannya.
Imbas dari penolakan itu adalah kami harus berpisah dengan beberapa teman kami yang menerima tawaran itu. Karena itu pula mulai timbul perasaan sepi dihari – hariku. Tapi tak lama aku mulai menemukan sahabat – sahabat baru.
Hari – hari berlalu, aku merasakan ada yang berbeda dari dia, sepertinya ia memiliki pandangan yang sempit tentang sahabatku itu.. aku jadi serba salah dibuatnya..
Dalam beberapa kesempatan aku makin mengenalnya, kadang aku senang tapi juga kadang aku kecewa. Namun perasaanku yang dalam ini membantuku untuk bertahan.

Maret
Theme : Keep focus

Kerasnya sifatku dalam menghadapi sesuatu buatku harus memilih antara karir atau kesenanganku. Pada akhirnya aku memilih karir, dimana bridge menjadi pilihanku. Semua organisasi dan perkumpulan kutinggalkan dengan harapan aku bisa lebih fokus.
Ditengah usahaku membangun kembali karirku yang telah padam 2 tahun lebih, aku dihadapkan pada kenyataan bahwa keluargaku mengharapkan kejelasan pilihan – pilihan yang sudah kubuat selama ini. Berat rasanya mengakui bahwa semua pilihanku masih terasa radikal.
Menjelang hari ulang tahunnya aku turut merasakan bahagia, rasanya beberapa masalahku tertutupi dengan hal itu. Melihatnya bahagia terasa seperti suntikan energi buat segala kelemahanku.

April
Theme : Weight of the month

Makin mengenalnya justru makin membuatku berani mengambil keputusan untuk mengakhiri semua ini. Sebenarnya tak ada masalah yang tampak besar namun besarnya ego dan prinsipku membuat semua ini harus diakhiri. Meskipun belum 100% yakin akan keputusan ini, tapi aku khawatir kebersamaan kami hanya akan membuatku makin bimbang. Aku sadar betul besarnya perasaan dia padaku, tapi aku tak mau mengorbankan pegangan yang selama ini kujaga.
Boleh dibilang bulan ini adalah bulan kelabu sepanjang tahun 2011, bahkan aku sering mengabaikan kewajibanku dan memilih menghabiskan waktu bersama laptop, pena dan kertas HVS untuk menulis cerita.
Saking gilanya pelampiasan kesedihanku itu, 3 buku dengan judul berbeda kuselesaikan dalam waktu 2 minggu. Ketiganya benar – benar mewakili apa yang kurasakan.
Jam tidurku berkurang drastis, mungkin hanya 3 jam tiap harinya, padahal ketika itu adalah masa – masa UTS. Tapi aku bersyukur masih bisa menyiapkan diri saat ujian, sehingga nilaiku masih terjaga.
Dibulan ini pula aku menjalani ibadah Aksi Puasa Pembangunan, dimana aku harus berpuasa dan berpantang selama 40 hari. Tahun ini aku memilih pantang daging sebagai APP-ku. Berat diawal namun semuanya berjalan lancar.

Mei
Theme : Everything is come

Bulan ini adalah bulan yang paling kufavoritkan sepanjang hidupku. Alasan utamanya tentu adalah karena ada tanggal ulang tahunku didalamnya. Sejak usia 14 tahun aku berjanji akan selalu bahagia dibulan Mei. Jadi apapun masalah yang kuhadapi pasti akan kuhadapi dengan senyum, termasuk persaingan di bridge Gunadarma. Aku sadar betul karirku di bridge akan jalan ditempat bila aku tak memiliki partner seperti saat itu. Namun sepanjang bulan itu aku terus bahagia, hmm.. lebih tepatnya berusaha untuk bahagia.
Banyak caraku mendapatkan kebahagiaan, diantaranya adalah dengan membaca blog. Cukup memasukan key word di sel google dengan kata yang kuinginkan maka ribuan artikel dan tulisan sederhana dapat kubaca. Sampai akhirnya aku menemukan alamat blog teman – teman dikelasku.
Dari banyak alamat blog yang kutemukan ada satu alamat yang menyita perhatianku, bukan karena isinya yang spektakuler, melainkan karena penulisnya adalah orang yang kukenal sebagai orang yang periang, lucu dan agak tidak tampak seperti penulis. Awalnya aku hanya sekedar membaca namun dari hari – kehari aku justru makin penasaran dengan masa lalunya. Ya benar blog itu kurang sering di update. Diam – diam aku membaca juga notes di facebook-nya . aku cukup terheran – heran karena antara tulisan dan kesehariannya begitu berbeda. Ketika bertemu dikampus dia tampak riang, namun ditulisannya itu justru banyak menceritakan kesedihan.
Kami berdua makin akrab, kami makin sering berkomunikasi via sms ataupun YM. Aku senangberbagi cerita dengannya, karena dia selalu tampak antusias. Kami memang hanya sekedar akrab, tidak lebih, apalagi saat itu aku masih sangat sayang dengan masa laluku. Aku sangat ingin menjadi temannya berbagi cerita, tempatnya mencari tawa yang mungkin bisa didapatnya dariku. Aku memiliki panggilan khusus untuknya agar kami makin akrab, dan sepertinya dia suka dengan panggilan itu.
Beralih kecerita lain dibulan Mei..
Menjelang hari ulang tahunku banyak tanda – tanda keanehan yang ditunjukan sahabat – sahabatku yang seperti banyak merahasiakan sesuatu. Sampai akhirnya tiba hari ulang tahunku tiba, ternyata mereka sudah menyiapkan kejutan dengan membuatkanku sebuah buku yang didalamnya ada mereka. Ide terbuatnya buku ini dicetuskan oleh orang yang masih kusayangi.

Sepanjang bulan Mei banyak senyum yang kuhasilkan…   

Juni
Theme : Escape

Sepanjang bulan Juni ini aku mengalihkan perhatianku ke imajinasi. Aku coba untuk menuliskan beberapa buah buku yang isinya berasal dari imajinasiku tentang sahabat – sahabatku dan juga sebuah buku yang menceritakan tentang seorang pelatih sepakbola.
Ada aja halangan dalam tiap penulisan cerita, terutama dari seringnya laptop yang melambat kerjanya karena virus.
Dibulan ini juga Mama ulang Tahun yang ke-55, angka yang sangat membanggakan karena diusianya yang setua itu dia masih bisa berkarya buat orang disekelilingnya. I always love her 
Dibulan ini aku bisa menghadapi UAS dengan kekuatan penuh dan rasa – rasanya huruf A akan banyak kutemui di lembar rangkuman nilai. Ini semua aku persembahkan buat Mama 

Juli
Theme : My heart beat

Diawal bulan inilah aku merasakan ada cinta yang mulai tumbuh. Sosok manis penuh ceria itu adalah orang yang awalnya jadi temanku berbagi cerita.
Libur panjang semester genap dimulai, perasaan kangen muncul ditiap hariku. Bahkan rasa – rasanya aku ingin kerumahnya setiap hari merawatnya yang beberapa hari sebelumnya mengalami kecelakaan. Hanya sms dan YM yang menjaga rindu ini. Seminggu sekali aku mengajaknya bertemu, dengan harapan bisa melihat senyumnya. Tapi dengan kesibukan masing – masing kami sulit untuk bertemu tiap pekannya.
Aku tahu ini bukan perasaan suka yang biasa..
Dipertengahan bulan Juli aku dan beberapa sahabatku pergi berlibur ke Jogja. Tapi sayangnya bukan liburan yang cukup berkesan, karena aku sangat sulit beradaptasi dengan cara berpikir mereka. Alhasil aku hanya sedikit menikmati liburan itu.
Pulang dari Jogja aku bisa bertemu dengan dia setelah cukup lama tidak bertemu. Jelas aku gugup saat itu, apalagi selama ini dia belum tahu perasaanku padanya. Tapi aku cukup bersyukur tiap kali bertemu dengannya pasti ada senyum dan tawa dari mulutnya.

Agustus
Theme : Love in silence

Dibulan ini banyak sekali kesibukan yang memaksaku untuk fokus, undangan sana – sini untuk menjadi pengisi acara sepertinya sulit untuk ditolak. Tapi aku masih menyempatkan diri untuk bertemu dengan sahabat – sahabatku.
Lalu kesibukan lainnya adalah persiapan Ospek dikampusku. Aku menjadi panitia untuk pelaksanaan Ospek. Disinilah aku merasakan bahwa ospek bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Aku cukup bangga dengan suaraku yang lantang, karena banyak peserta Ospek yang menjadi segan padaku. Padahal aku bukanlah orang yang mudah marah, jadi suara lantangku itu sangat membantu. Hehe..
Tiap malam sebelum tidur seperti biasanya aku melakukan RK, banyak perasaan bersalah dan rasa syukur yang tumpah saat itu.
Diakhir bulan Agustus ini ada sebuah gejolak batin yang sangat kuat, aku mulai bingung antara kembali dengan cinta lamaku atau berjuang untuk dia yang baru. Karena saat itu aku baru tahu beberapa fakta tentang cinta lamaku yang dia simpan sendiri. Tapi pada akhirnya aku memutuskan untuk berjuang untuk dia yang baru, meskipun hanya dalam diam.
Agar tidak menyakiti hati cinta lamaku, aku putuskan untuk menutup blog ini. Karena aku tahu dia adalah pembaca setia blog ini, sedangkan aku hampir selalu menuliskan pengalamanku disini.

September
Theme : You know me now

Tidak lama kututup blog ini karena beberapa alasan. Tapi sayang nama blog ini berubah karena domain blog lama itu di-keep oleh wordpress. Imbasnya adalah penurunan jumlah pembaca, yang biasanya lebih dari 50/hari, mendadak turun.
Dibulan inilah akhirnya My Lady tahu bahwa aku memang mencintainya. Lewat cara yang sangat tidak direncanakan.. hehehe.
Dibulan inilah Abangku melangsungkan pernikahannya, dia datang dipertengahan bulan untuk menyiarkan kabar ke sanak saudara kami di Jabodetabek, karena memang pernikahannya dilaksanakan di kota Pontianak.
Dipertengahan bulan pula kuliah perdana semester ganjil dimulai. Akhirnya kami bertemu setelah sekian lama banyak yang tidak berjumpa. Diluar dugaanku ternyata aku dan dia tidak saling canggung saat bertemu, kami malah sangat akrab. Senang rasanya hampir tiap hari bisa bertemu dia.
Diakhir bulan pelaksanaan pernikahan Abang berlangsung dikota Pontianak. Anggota keluarga kami berangkat kesana.
Aku bisa melihat betapa indahnya pernikahan yang dilangsungkan di Gereja. Meskipun semuanya tampak bahagia, tapi ternyata Mama, Bapa dan Abang sempat mengeluarkan air mata. Begitulah luapan emosi Anak dan Orang tua yang saling menyayangi.
Saat masih di Pontianak aku juga dihubungi oleh HRD kampus, mereka memberitakan bahwa aku lolos seleksi asisten laboratorium. Sebuah pengalaman baru siap aku jalani.

Oktober
Theme : You’re not my choice, because you’re not the option. You the one and only.

Bulan ini semua serba sibuk, mulai dari Bridge, Aslab dan yang paling memuakan adalah tugas dari dosen yang membuat aku dan semua teman – teman dikelas kualahan. Tapi aku cukup senang ketika harus mengerjakan tugas – tugas itu dikampus, karena kita bisa bertemu lebih lama.
Dibulan ini juga ada cerita paling rancu sepanjang tahun. Seorang mantan datang, 3 tahun lebih aku tidak bertemu dengan mantanku ini, dia datang dari tempat jauh bersama suaminya yang baik hati. Secara logika mungkin harusnya aku bersedih, tapi faktanya aku sangat bahagia. Kami saling mendukung jalan hidup kami masing – masing. Dia pulalah yang memintaku untuk tidak memilih wanita manapun, karena pada dasarnya wanita tidak ingin dijadikan pilihan. Menurutnya wanita ingin dimiliki sebagai satu – satunya.
Boleh dibilang bulan ini adalah bulan paling melelahkan. Lelah pikiran dan lelah fisik, semua menyerang tiap hari. Hanya senyuman sok tegar yang bisa membuat hari – hariku tetap terlihat indah. Aku beruntung punya banyak sahabat yang bisa dijadikan tempat bersandar. Mereka bahkan tidak perlu memberikan nasehat, karena mereka tahu aku sudah punya jawaban atas masalah – masalahku.

November
Theme : True friends

Sibuk, sibuk, sibuk.. ya semua makin sibuk tapi semua makin menarik untuk dijalani. Makin hari makin cinta dengan suasana kampus yang serba ceria.
Sejak awal semester ini aku dan semua sahabat dikampus rutin seminggu sekali bermain futsal melawan kelas lain. Dengan skuad yang terdiri dari Imron, Aji, Bejong, Seto, Walid dan aku sebagai kipernya, kami semua belum terkalahkan dari semua lawan kami. Walaupun yang main memang Cuma laki – laki saja, tapi sahabat perempuan kami juga ikut kelapangan untuk mendukung kami. Siapapun pasti iri kalau melihat kentalnya persahabatan kami. Hehe..
Begitupun ketika aku menghadapi sebuah pilihan sulit, merekalah yang meyakinkan aku untuk tetap bertahan pada pilihan terbaik. Meninggalkan hiruk – pikuk Jakarta adalah hal yang sulit, meskipun pada akhirnya semua harus dijalani.
Ah intinya bulan ini adalah bulan penuh persahabatan.. 

Desember
Theme : Surrounded by smile

Bulan terakhir ditahun ini adalah bulan yang paling penuh warna, lebih banyak senyum yang keluar. Hmm.. mungkin efek dari makin seringnya aku dan sahabat – sahabat jalan bersama padahal bulan ini ada ujian tengah semester.
Banyak tempat yang kami kunjungi bersama dibulan ini, semua sangat menyenangkan meski hanya mengeluarkan budget pas – pasan. Selain banyak berjalan – jalan kami juga sering berkumpul dirumah salah seorang sahabatku, Bejong, untuk mengerjakan tugas bersama. Dan dari itu semua yang sangat aku syukuri adalah bahwa dia salalu ada disana.
Aku juga sangat bersyukur karena tahun ini akhirnya aku bisa ikut kejuaraan bridge level nasional mewakili kampus di Bandung. Ada optimisme baru yang muncul dan makin meyakinkanku untuk terus bertahan disini.
Dari semua kegiatan itu aku selalu menuliskannya di blog ini, dan dia bilang dia selalu baca blogku ini. Awalnya aku seperti malu, tapi setelah kupikir –pikir rasanya itu adalah hal yang bagus. Artinya dia akan selalu tau yang terjadi dihidupku, termasuk apa yang kupikirkan tentangnya.
Diakhir bulan ini dia sempat membuatku sangat bingung dan cemburu, tapi kecemburuanku itu justru membuatnya merasa bersalah. Hmm.. aku tak mau ada kondisi seperti itu lagi, aku mau melihatnya banyak tersenyum seperti biasanya.
Hanya dalam hitungan jam aku dan dia sudah bisa saling tersenyum lagi. Ya mungkin karena kami memang sama – sama orang yang mudah tersenyum 
Terima kasih ya Lady untuk rasa sayangnya..
          
SELAMAT TAHUN BARU 2012

Tinggalkan Balasan

