Pesan dari sahabatku di awal tahun

Hari ini tanggal 1 Januari, tepat Tahun Baru 2011. Sama seperti orang – orang lain yang ngucapin selamat tahun baru buat orang – orang tersayangnya, gw pun melakukan itu.

Pagi harinya gw bangun sekitar jam 6.00, hmm.. pasti ga sempet kalau ikut Misa jam 6.30, yaudah gw putuskan untuk Misa jam 9.00 aja. Tapi yang terjadi adalah hujan deras yang cenderung berbahaya kalau dipaksain berangkat.

Pagi inipun dihabiskan dengan latihan bridge di BBO, dan seperti udah gw duga orangnya pasti sepi.. ya iyalah di Eropa sana kan masih baru banget tahun baruan.. hehe

Siangnya gw lebih banyak nyibukin diri dengan baca – baca artikel tentang Psikologi Konsumen, kebetulan gw belom ikutan UTS mata kuliah ini karena ikut turnamen bridge. Setelah jenuh gw pun pilih tidur siang, supaya lupa makan.. #prayfordompet

Nah setelah uraian ga penting diatas tibalah inti dari tulisan gw hari ini.. hehehe

Here We Go !!
Setelah nonton film Sherlock Holmes yang bingungin itu, gw langsung berangkat ke gereja, untuk Misa malam tentunya.

Hari ini adalah Minggu pertama ditahun 2012, kalau dalam tanggalan Gereja hari ini adalah hari Perdamaian dunia dan Hari Raya Santa Maria Bunda Allah. Hari dimana kami umat Katholik secara khusus mengenang Bunda Maria sebagai Santa atau orang suci.

Selain peringatan itu, hal yang penting dari Misa yang dipimpin Pastor Geris disampaikan saat Homili (khotbah).
Homili dimulai dari ucapan selamat tahun baru, lalu dilanjutkan dengan penjelasan mengenai penanggalan. O’iya sebagai info aja nih, Pastor Geris gw kenal sebagai Pastor paling kritis dan tegas dalam menyampaikan pidatonya, dan gw selalu suka itu.That’s why I call him Sahabat. Hehe.. beliau ini ga segan – segan menyindir kami umat Gereja yang menurutnya sering lalai dalam menyikapi makna ibadah diajaran Katholik. Yang paling tajam adalah ketika beliau mengatakan “sebelum Misa, umat selalu diminta me-nonaktifkan handphone, tapi banyak umat yang justru me-nonaktifkan otaknya.”,

Oke balik lagi ke isi Homili..
Tadi Pastor Geris menyampaikan tentang tahun baru yang dimulai pada bulan Januari. Beliau menjelaskan bahwa bulan Januari diambil dari nama dewa dalam mitologi Romawi yang bernama Janus. Dalam mitologi Romawi, Janus digambarkan sebagai Dewa berwajah dua, satu menghadap kedepan dan lainnya menghadap belakang. Pastor Geris menjelaskan bahwa dibulan Januari banyak orang yang masih memikirkan masa lalu namun disaat bersamaan disedang menatap masa depan atau sebaliknya. Itulah mengapa bulan pertama diberi nama Januari.

Lalu pada khotbah selanjutnya beliau menyampaikan tentang Inkarnasi Allah. Beliau menyebutkan bahwa Allah bukanlah sesuatu yang tidak konkrit. Selama ini kita sering mendengar ucapan banyak orang bahwa Allah tidaklah terlihat, kita menyembah Sang Pencipta dengan penuh keyakinan. Tidak ada yang salah dengan keyakinan itu, namun Pastor Geris coba untuk sedikit menyadarkan umat dengan caranya sendiri.
Menurutnya Inkarnasi yang dilakukan Allah dengan menjadi manusia adalah bukti nyata bahwa Allah adalah nyata, sehingga ajarannyapun adalah ajaran yang nyata, yang bisa dilihat langsung oleh manusia. Lalu beliau juga menyampaikan bahwa Allah adalah sosok yang mulia dan baik hati, bukan seperti yang banyak digambarkan banyak orang dengan sempit, dimana Allah digambarkan sebagai hakim yang menempatkan orang jahat dineraka dan orang baik disurga. Beliau menyampaikan bahwa Allah sangatlah baik hati, karena orang sejahat apapun masih diampuni kesalahannya.

Diakhir Homili itu Pastor Geris juga menyampaikan menagapa Allah begitu baik hati dan Maha memahami. Dengan menjelma menjadi manusia, Allah merasakan dan memahami betul apa yang dirasakan dan dibutuhkan manusia. Maka dari itu tiap ajarannya selama turun ke bumi sangatlah manusiawi dan mudah dimengerti meskipun lewat perumpamaan – perumpamaan.

Ya sekian share hari ini.. semoga berguna.
Warm Regard
Usber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s