surat untuk masa lalu

Kepada : Ben
Di : Rumah Tangerang , 16 Februari 2000

Halo Ben selamat sore, lagi ngapain kamu ?
Oh iya aku lupa menganlkan diri ke kamu. Aku adalah kamu dimasa depan, sekarang aku masih kuliah di Gunadarma jurusan Psikologi. Hmm.. sepertinya kamu belum tau apa itu jurusan psikologi, yang jelas jurusan ini bagus buatku dan buat kamu juga.
Tadi kata tetanggamu kamu lagi main gundu didepan rumah Pak RT, aku heran kenapa kamu selalu ceria ditiap harimu. Padahal kamu baru saja pulang dari kampung menghadiri pemakaman kakekmu. Tak ada sedikitpun raut kesedihan diwajahmu, apakah kamu mati rasa? Oh maaf aku lupa kamu masih anak – anak mungkin kamu masih terlalu kecil untk memahami itu semua, tidak seperti aku yang justru merasa kehilangan.

Aku sebenarnya iri padamu, tiap hari kau bisa bermain dengan semua teman – teman sebayamu dan bahkan sangat menyayangimu, terutama si Irma, tetanggamu yang manis dan baik itu. Dia bahkan hampir tiap hari datang kerumahmu untuk menonton telenovela Cinta Paulina, padahal dirumahnya ada televisi yang lebih besar dan lebih bagus. Dia juga sangat menyayangi keluargamu, keluarga kita. Dia mau membantu memberikan makanan ternak bebek dan lele kesayangan kita. Lucunya dia justru mengucapkan terima kasih.
Hari – harimu tidak jauh dari pujian dari gurumu, terutama sekarang ini, wali kelasmu Pak Heryadi sangat baik padamu. Dia tidak pernah mempermasalahkan seragammu yang sudah terlihat menguning, bahkan dia selalu membelamu saat murid lain mengejekmu. Tahukah kamu nantinya beliaulah yang akan mengurus semua berkasmu bersama Pak Madani agar kamu bisa sekolah di SMPN 161, sekolah terbaik di Jakarta.

Hei Ben, bukankah malam ini harusnya kau tidur lebih awal ?? ingat Bapak kemarin marah karena kau dan abangmu bermain terlalu di rental PS sampai jam 10 malam, maka sebagai hukumannya tiap hari kamu harus tidur lebih awal. Jadi seharusnya sekarang kamu pulang dan siap – siap untuk mengerjakan PR lalu tidur.

Sengaja kukirim surat ini untuk sekedar bercerita tentang apa yang akan kau alami nanti, ssssttt.. jangan bilang siapa – siapa ya, karena ini adalah bocoran yang sangat rahasia !!

Kamu jangan takut dengan apa yang akan kuceritakan padamu. Aku melakukan ini karena aku sangat menyayangimu. Aku bahkan lebih mengenalmu daripada orang tuamu, orang tua kita. Sebelumnya aku ingin kamu tahu bahwa sebentar lagi kamu akan menjadi orang yang sangat dibenci oleh teman – teman dikelasmu karena kau yang mendapatkan perlakuan spesial dari semua guru termasuk guru agama Islam yang bahkan kamu tidak mengerti pelajarannya. Guru agama Islam yang pada cawu ini masih mengajar dikelasmu mungkin terlihat sangat menjengkelkanmu, tapi percayalah guru dikelas berikutnya sangatlah baik.🙂

Sebuah rahasia kecil baru saja kubeberkan padamu.. bagaimana tertarikkah kamu untuk tahu rahasia lainnya ?

Sepertinya kamu mengangguk, baiklah aku akan meneruskannya..
Selama kamu dikelas 6 nanti kamu akan banyak menjadi orang yang pendiam disekolah namun sangat periang saat keluar dari sekolah. Dikelasmu nanti hanya ada 3 orang yang selalu setia menjadi sahabatmu, salah satu dari mereka akan selalu mengajakmu kerumahnya untuk menonton film Tom and Jerry dengan vcd player. Jangan bingung apa itu vcd player karena akan sulit menjelaskannya padamu sekarang, pokonya liat saja nanti. Tapi kamu jangan sampai ketagihan main kesana, karena Mama pasti khawatir.

Saat SMP nanti kamu akan bersekolah di sekolah terbaik di Jakarta, tapi karena jaraknya yang terlalu jauh kamu akhirnya pindah ke sekolah yang jaraknya lebih dekat dengan rumahmu. Kamu juga akan menangis saat harus berpisah dengan sahabat barumu di sekolah itu, terutama yang bernama Faisal, sahabatmu yang selalu bertukar lauk bekal makanan yang kau bawa dari rumah.

Disekolah barumu kamu akan menjadi anak yang sering diintimidasi oleh orang – orang nakal disekolah itu, tapi kamu akan selalu dibela oleh gurumu dan juga Satpam sekolahmu itu, meskipun badan dia kurus tapi dia adalah orang yang sangat diegani oleh lingkungan sekolah. Jadi, baik – baiklah kamu kepada Bang Idup, Satpam sekaligus Bodyguardmu itu.

Secara keseluruhan kamu akan sangat terhibur disekolah ini, karena kamu akan banyak mendapat kesempatan untuk berprestasi, baik itu akademik maupun non akademi. Nanti juga kamu akan bertemu dengan sahabatmu yang sangat lucu, kalian akan membentuk grup lucu – lucuan, dan kalian akan selalu menjadi penyejuk kehampaan kelas. Kamu juga akan bertemu dengan guru – guru yang tidak akan terlupakan setidaknya sampai kau seusia aku sekarang. Ada Pak Kunardi guru Geografi , Pak Edi Guru Matematika, Pak Tata Guru Ekonomi, Bu Yessi Guru Biologi, Bu Hanum guru Fisika, Pak Teguh GuruOlahraga dan seorang agama Islam yaitu Bu Mustika, beliaulah yang selalu menjadi temanmu bercerita saat kau merasa tertekan dengan anak – anak nakal yang mengganggumu.

Disekolah ini pulalah kamu akan merasakan cinta untuk pertama kalinya, tapi harus kandas karena orang tuanya yang tidak setuju karena kalian berbeda agama.. aku tau kamu tidak suka dengan bocoran yang satu ini, tapi percayalah ini adalah awal dimana kamu akan menjadi orang yang sangat menghargai keputusan orang tua.

Nanti kamu juga akan menjadi orang yang sangat kontroversial karena kamu menjadi sangat akrab dengan salah satu anak nakal disekolah itu, bahkan kalian selalu pulang bersama karena ruamah kalian saling berdekatan. Tapi berkat hal itu justru anak nakal itulah yang menjadi perantara antara kamu dengan teman – temannya agar tidak lagi mengganggumu.

Lalu menjelang akhir – akhir kau menjalani sekolahmu disini kamu sekali lagi merasakan jatuh cinta, tapi kalian berpisah begitu saja karena sudah tidak satu sekolah lagi. Disini kamu bahkan tidak terlalu sedih, karena disekolah barumu nantinya kamu akan menjadi sangat sibuk dan tidak sempat memikirkan hal itu.

Di jenjang SMA adalah masa terindahmu selama menjalani masa sekolah, semua yang kau butuh ada disini. Semua guru dan siswa disekolah ini sangat menyayangimu, kamu akan banyak disapa oleh siswa disekolah yang bahkan kamu tidak mengenalnya. Namamu akan sering disebut saat guru sedang bertanya mengenai pelajaran. Dari semua sahabatmu disekolah ini, akan ada satu orang yang akan menjadi sahabat sekaligus sainganmu untuk banyak hal. Kamu akan dikalahkannya dalam banyak hal tapi kalian akan selalu saling dukung, tapi kabar menyedihkannya adalah dia akan pergi meninggalkanmu lebih cepat dari sahabatmu yang lain. Dia dipanggil kesurga dalam usahanya melakukan penelitian. Disinilah kamu akan merasa kehilangan yang sangat dalam.

Ya sudahlah jangan dipikirkan bocoran yang baru saja kuberi tahu tadi, yang jelas masih banyak bocoran yang lebih “wah”

Selanjutnya kamu akan punya sesuatu yang sangat membanggakanmu dan semua keluargamu. Lewat hobimu kamu dan sahabatmu akan merasakan menjadi yang terbaik di Indonesia, lewat sebuah olah raga yang mungkin bila kusebutkan sekarang kamu akan bingung. Jadi aku tidak perlu menyebutkannya, karena kamu pasti akan kaget. Hahah.. yang jelas olah raga ini akan mendampingi perjalan hidupmu.

Oh iya disekola ini kamu akan dibentuk menjadi seorang yang sangat kritis bahkan kamu tidak segan untuk berargumen atas pernyataan yang disampaikan oleh gurumu sendiri. Sifatmu yang kritis ini akan membawamu menjadi anak yang berprinsip dan cenderung keras kepala. Tidak jarang akan ada yang merasa sebal dengan dirimu akan hal ini, tapi diluar hal itu kamu akan tetap disayangi.

Seperti remaja lainnya kamu akan merasakan yang namanya jatuh cinta (lagi) , tapi percayalah kali ini tidak akan semudah sebelumnya. Kamu akan sakit hati karena orang yang kamu suka akan membencimu, tapi maaf aku juga tidak tau penyebabnya. Tapi setelahnya kamu akan bertemu dengan seorang yang tidak kau duga – duga, dia akan menuntunmu bertemu Tuhan, sosok yang kau sembah namun tidak kau mengerti siapa Dia. Semua berubah dengan drastis saat kau menjalani hari dengannya, karena wanita ini tau banyak hal yang belum kau tau. Kamu akan sangat bangga bisa bersamanya, dia akan sangat mau menyediakan waktunya sekedar untuk menonton pertandingan liga inggris.

Akan banyak cerita yang kalian jalani yang akan sulit kalian lupakan.. jadi nikmatilah saat bersamanya..
Entah ini bocoran yang baik atau buruk, karena pada akhirnya kau akan menjadi orang yang lebih taat pada Tuhan, tapi disaat bersamaan dia akan pergi meninggalkanmu.. aku tak mau menceritakan tiap detilnya karena akupun sangat sedih menceritakannya, apalagi kamu yang masih berusia 11 tahun.. aku tak yakin kau akan sanggup mendengarnya atau mungkin justru kamu tidak akan mengerti. Ah yasudahlah..

Dimasa – masa akhir sekolahmu, kamu juga akan dihadapkan pada kenyataan sangat pahit.. sepahit apakah itu ? ah.. lagi – lagi aku tidak mau menceritakannya, karena aku takut kamu tidak sanggup mendengarnya, meskipun aku tau pada akhirnya kamu akan sanggup karena dukungan orang – orang disekitarmu.

Setelah kesedihan yang sangat pahit kamu akan mendapatkan sesuatu yang sangat indah.. indah sekali.. sebuah Impian akan menjadi kenyataan, tapi sebelumnya kamu akan berjuang sangat keras disitu. Kamu akan menjalaninya dibantu oleh sahabatmu. Percayalah ini akan menjadi sebuah pengalaman yang luar biasa.. aku sangat suka saat menceritakan ini, rasanya masalahku saat inipun sedikit terlupakan bila aku menceritakan bocoran yang satu ini.. hehe..

Setelah melewati masa SMA kamu akan bertemu dengan teman lama kakakmu, seorang yang akan memberimu ilmu yang sangat penting mengenai bisnis dan kamu akan sangat berterima kasih padanya karena ilmu itu diberikan dengan gratis.

Pada akhirnya kamu akan melanjutkan pendidikan ditempat yang boleh dibilang bukan cita – citamu saat ini, tapi percayalah saat waktu itu tiba kamu akan sangat menyukainya dan kamu juga akan bertemu dengan orang – orang hebat didalamnya. Akan banyak sifatmu saat ini yang berubah, kamu tidak akan lagi menjadi orang yang mudah menyalahkan ataupun menyangkal orang lain. Disini kau akan dididik menjadi pribadi yang mau mendengar lebih. Jangan kaget kalau nantinya kamu akan kesulitan diawal – awal kuliahmu, karena perbedaan cara berpikirmu dengan mahasiswa lain. Tapi jangan khawatir akan ada peri – peri baik yang akan setia menemanimu sampai akhirnya kamu bisa membaur dengan lingkungan barumu ini.

Untuk masalah akademik kurasa kamu tidak akan terlalu penasaran karena kamu punya kepercayaan diri yang tinggi, bahkan saat inipun hal itu sudah sangat terasa bukan?? Heheh.. aku tau kamu sedang mengangguk setuju🙂

Sahabat – sahabat baru akan kau dapatkan disini tanpa harus mengorbankan prinsip – prinsipmu, mereka akan dengan senang hati mempercayakanmu dan mereka semua tulus untuk itu.

Kamu juga akan sangat mengaggumi beberapa pendidikmu atas cara mereka membagikan ilmunya🙂 , akan banyak ilmu yang kamu serap dari mereka. Kamu bukanlah apa – apa tanpa mereka, apalagi kamu memang sebenarnya tidak memahami apapun mengenai ilmu itu.

Jangan heran bila nantinya kamu akan menjalin hubungan dengan orang yang awalnya tidak kamu suka, bahkan kalian akan sering berdebat hebat. Tapi seperti yang tadi aku katakan padamu bahwa kalian akan saling suka, meskipun tidak bertahan lama.

Dipertengahan masa kuliahmu, kira – kira saat usiamu hampir sama sepertiku sekarang kamu akan menjadi orang yang sangat pemikir, segala sesuatu akan menjadi bahan pemikiranmu dengan sangat cepat. Tapi aku ingin menyarankanmu agar kamu menentukan prioritas dengan benar, karena sedikit saja salah maka kamu akan menyesal.

Sahabat – sahabatmu tidak hanya akan mendukungmu namun juga akan mendampingi perjalananmu. Kamu disini akan sangat bersyukur pada Tuhan telah diberikan orang – orang seperti mereka. Jadi jangan pernah kamu menyiakan mereka, apalagi menyakiti mereka. Camkan itu !

Wah tidak terasa aku sudah memberikanmu semua bocoran yang aku tau.. yak, sekarang adalah tugasmu untuk menjalani hidupmu sendiri. Jangan takut untuk melangkah, ikutilah semua kata hatimu. Ingat selalu ada Tuhan yang mendampingi langkahmu, Tuhan bisa saja menghancurkan segala rintangan yang ada didepanmu, tapi dia tidak akan melakukannya jika dia tau kamu mampu melewatinya. Jadi apa yang perlu kamu takut? Ah mungkin kamu justru masih bingung tentang isi surat ini, wajar karna kamu masih anak kelas 5 SD.

Baiklah sekarang sebaiknya kamu mandi dan kerjakan semua PR-mu, kamu tidak boleh mengecewakan keluargamu dan juga Pak Heryadi yang kemarin baru saja memujimu setinggi langit..
Sekarang aku mau pergi lagi untuk mencari bocoran – bocoran baru untukmu, ingat ya ini rahasia kita berdua.. hihi

Salam hangat
Ben, 22 tahun, masa depanmu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s