Selamat Hari Raya Pentakosta

Selamat pagi semuanya.. selamat hari minggu.. selamat hari raya Pentakosta buat yang merayakannya🙂
Pagi ini seluruh gereja Katholik diseluruh dunia merayakan hari raya Pentakosta. Jadi ga heran kalo pagi ini geraja penuh meluber sampe luar hehe..
Pentakosta itu dulunya adalah hari syukurannya kaum tani orang Israel atas panen. Terus berubah menjadi syukuran atas pemberian Sabda Allah, yaitu Hukum Taurat. Lalu setelah kenaikan Yesus Kristus, Yesus memerintahkan seluruh umatnya untuk berdoa bersama secara teratur. Lalu tepat pada hari kesembilan yang bertepatan dengan hari syukuran Pentakosta, Tuhan mencurahkan roh kudus kepada para rasul. Sejak itu Pentakosta berubah menjadi peringatan hari dicurahkannya roh kudus kepada para rasul. Maka dari itu doa sembilan hari berturut – turut yang dilakukan untuk memohon berkat Tuhan itu diberi nama Doa Novena, karena dalam bahasa Latin Novena bermakna sembilan. Untuk memudahkan mengingat kapan Pentakosta itu tiba kapan kita cukup hitung sembilan hari setelah hari kenaikan Yesus kesurga🙂 , maklumlah dikalender nasional tidak dicantumin tanggal peringatannya.
Pentakosta juga bermakna peralihan relasi manusia dengan Tuhan, dari yang tadinya relasi fisik menjadi relasi spiritual. Tuhan pernah ada secara fisik di zamannya dan tinggal di Palestina, lalu ia naik ke surga dan turun kembali ke bumi dalam wujud roh kudus.
Sebenernya suasana Pentakosta itu selalu diperingati tiap Misa loh. Buktinya adalah di Liturgi Sabda kita mendegarkan Firman Tuhan, seperti halnya kita mendengarkan Sabda Tuhan dari Tuhan secara langsung. Lalu pada Liturgi Ekaristi, saat kita menerima Roti dan Anggur sebagai perlambang Tubuh dan Darah Kristus. Ini semua merupakan wujud relasi manusia dengan Tuhan secara fisik. Sedangkan wujud relasi manusia secara spiritual ada pada saat kita menerima Berkat Tuhan. Kita dicurahkan roh kudus untuk mewartakan injil dikehidupan kita, “Marilah pergi kita di utus !”
Ya kebetulan gw bukan orang yang ngerti secara mendalam tentang Theologi, jadi apa yang gw tulis disini sebatas apa yang gw tau aja, maaf ya kalo kurang jelas hehehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s