H – 8 menjelang sidang PI ( Nothing to lose )

5 Juni 2012
Hari selasa ini rencananya mau tugas i-Lab dulu karena memang kabarnya Bu Trida ga dateng karena sesuatu yang gw juga ga tau. Oke pagi sekitar jam 6.25 gw berangkat ke kampus H buat jalanin tugas sebagai aslab paling ramah hehehe..

Baru sampe dilantai 3 udah ada si Ka Fawas yang lagi nyalain panel komputer, ya udah gw ke lantai 2 aja buat nyalain panel juga (ini adalah kerjaan paling santai di i-Lab hehehe). Ga lama setelah gw mulai nyalain panel mulailah berdatangan tim aslab lainnya. Gw lumayan kaget karena ternyata kalo hari selasa lima orang aslab baru dateng semua. Oh iya belom sempet cerita ya, jadi gini loh, 2 bulan lalu ada lima orang aslab baru yang berasal dari angkatan 2008 yang artinya lebih senior dari kita, jadi kita tetep panggil mereka “kak”. Lima orang itu adalah Firman, Rangga, Benni, Nurul dan Indah
Berhubung aslabnya banyak jadi kita bisa gantian istirahatnya, tapi sayangnya para aslab baru ini ga ngerti maksud gw untuk shift – shift-an, alhasil kita malah jarang gantian istirahatnya.. ah elah.. *tepok jidat*

Sekitar jam 10 gw sama Uti izin untuk ikut kelasnya Pak Wahyu, tapi sejam berlalu dikelas ternyata Pak Wahyu ga dateng juga, so kita semua akhirnya memutuskan untuk pulang. Tanpa berlama – lama gw langsung menuju i-Lab dan melanjutkan tugas. Menjelang pergantian shift si Sarah akhirnya dateng, like usual she always talk in english to me. Emang dah ya nih anak kegayaan banget haha.. tapi ga papa sih anggap aja sebagai latihan buat gw yang mungkin satu setengah tahun lagi keluar negeri (amin), begitupun dia yang juga bercita – cita mau lanjutin kuliah di luar negeri walau beda tujuan negara. Ya cuma bisa saling mendoakan sih🙂

Ada aja kejadian lucu selama di i-Lab, salah satu praktikan dengan paniknya manggil – manggil gw,
“Kak.. Kak..” . Sambil ngangkat tangan.
“Ya, ada apa?” Tanya gw ke dia.
“Ini kenapa ya programnya ga bisa di tutup?” . Tanya dia dengan nada naik – turun.
Gw sempet bingung karena gw kurang memahami program R-Commander , akhirnya gw coba untuk maenin mouse-nya. Ternyata dia belom masukin nilai variabelnya -_-“ , tapi berhubung dia kayanya panik banget jadi dia lupa deh tahapannya, padahal gampang gitu.. hihi
“Oh ini masukin dulu nilai variabelnya”. Ujar gw dengan nada sotoy.
“Oh gitu ya Kak.. makasi ya Kak..” Ucap dia dengan tulus.. hahaha

Ya kira – kira gitu dah kalo jadi seorang aslab, semua praktikan akan selalu anggap kita “dewa”, padahal kadang aslab juga kebingungan hehehe.. tapi ga bisa dipungkiri sih ada aja praktikan yang sombongnya setengah mati, tapi ya sudahlah 1 banding 500 palingan jumlahnya.. hehe
Pulang tugas i-Lab udah ada tugas video konseling menyambut. Tapi berhubung Seto lebih paham dari gw dan dia lebih suka ngerjain itu sendiri akhirnya gw sama Aji cuma jadi penonton yang baik hahah..

Sebenernya video buatan kita itu biasa aja, tapi banyak banget adegan “dibuang sayang” yang selalu sukses bikin ngakak tiap kali di replay.. seandainya upload file 300MB ga lama, pasti udah gw upload disini karna emang lumayanlah itu video buat belajar🙂

6 Juni 2012
Rabu pagi tiba, gw, Aji dan Seto layaknya warga pemukiman rumah susun yang kalo mandi aja harus gantian ngantri, dan selama proses nunggu antrian kita cuma kayang ga jelas di dalem kosan. Selesai mandi kita ayunkan langkah kita yang masih goyah itu menuju kelas yang ternyata masih sepi penghuni.
Setelah Bu Diana dateng baru deh kelas itu lebih teratur kehidupannya… Cuma sebentar doank Bu Diana jelasin materi, selebihnya kelas itu disajikan video tugas konseling yang entah kenapa malah keliatan kaya video komedi hahaha..

Selesai kuliah konseling gw ke dan beberapa temen ke PSA untuk urusan yang bebeda, kalau mereka ngurus daftar ulang, sedangkan gw minta laporan pembayaran kuliah yang kebetulan cuma gw doank di kelas yang ngurus beginian. Selesai itu gw pergi ke JCC untuk liat pameran komputer dan seluler. Kebetulan acara ini cuma ada setahun sekali, jadi sayang banget kalo dileawatin begitu aja. Selain liat pameran dan beli barang gw juga ga sengaja ketemu kawan lama, kalo disana gw cuma bisa jadi pengunjung, beda halnya sama dia yang udah jadi salah satu pengisi pameran. Tuhan adil buat mereka yang berusaha dari bawah tanpa lelah🙂

Pulang dari JCC langsung kerumah di Tangerang. Sayang seribu sayang sore itu jalanan udah terlanjur macet parah, alhasil perjalanan 3 jam harus ditempuh -_-

7 juni 2012
Kamis itu gw seperti biasanya tugas di i-Lab. Lebih santai dari biasanya karena ga banyak praktikan yang tanya – tanya ditambah lagi yang tugas hari itu lumayan banyak, jadi bisa shit – shift-an. Gw partneran sama Dadan, jadi gitu dah.. kalo pas giliran istirahat malah ngobrolin yang “aneh” mulu haha.. entah kenapa hari itu Dadan ngomongin praktikan cewe yang cakep mulu, dia sampe hafal bangku tempat duduknya praktikan itu dimana. Rusak banget emang aslab yang satu ini.. haha..

Sebenernya ada hal yang menurut gw agak janggal yang terus – terusan ada di i-Lab, yaitu masih aja banyak praktikan yang sebelum masuk ruangan praktikum malah sibuk sendiri liatin kamera CCTV sambil beresin baju. Entahlah apa maksud mereka, tapi gw cuma bisa cengar – cengir aja kaklo lagi liat praktikan yang begitu buahaahahaa..

8 juni 2012
Jumat itu boleh dibilang gw lagi seneng banget karena sehari sebelumnya Ka Rendi mau bantu repair laptop gw, so gw bawa aja tuh laptop biar ditagani sama ahlinya. Pas mau menjelang sholat Jumat baru deh si Ka Rendi nyentuh laptop gw itu. Tapi siapa sangka ternyata setelah di install ulang eh malah itu laptop suaranya ilang, karna software sound card-nya ga ada. Berjam – jam berlalu kepake buat ngoprek – oprek laptop itu tapi ga bisa – bisa juga, udah puluhan driver software di download tetep aja ga ada yang compatible. Karena ngerasa penasaran akhirnya Ka Ilmi ikutan bantuin. Sambil nunggu laptop itu di pulihin lagi gw tetep jalanin tugas aslab, tapi memang jadikepikiran mulu karena takutnya ga bisa lagi. Jujur aja sedih gw hahah..

Semua shift i-Lab selesai tapi laptop gw belom ada juga suaranya. Lalu menjelang maghrib gw minta tolong Ka Juki ikutan bantuin. Setelah diperiksa dan di otak – atik ternyata laptop itu bukan sekedar ga ada sound card-nya tapi juga ga ada VGA software-nya.. *jedotin pala* , tapi berkat keahlian mereka akhirnya VGA –nya udah ga ada masalah, sekarang tinggal sound-nya aja yang masih error. Padahal meneurut mereka cara yang mereka pake emang udah bener banget, tapi ya gini deh.. belom kelar juga.. kalo kata Ka Fafa sih mendingan laptopnya dijual biar bisa dipake buat kucingnya latihan ngetik.. haha sial..
Oke sekarang laptop ini memang bisu, tapi gw masih sayang banget sama laptop ini (mungkin karena belom ada duit buat beli yang baru). Terlalu banyak kenangan manis sama laptop ini.. #ttssssaaaaaaaaaaaaahhhh.. gaya banget dah..

Sekitar jam 19.40 baru dah akhirnya semua pada nyerah dan pulang menuju rumah masing – masing..

9 Juni 2012
Sabtu ini gw tugas i-Lab, seperti biasanya kalo sabtu itu tugasnya adalah input soal, tapi gw belom sempet input karena ternayta disuruh ke kampus D buat ngurus surat SK sidang PI. Lumayan lama nunggu Pak Aji, karna ternyata gw salah jadwal. Ternayta beliau masih ngajar sampe jam 12.00 -_-, sedangkan gw nunggu dari jam 10.30, alhasil gw cuma bisa ngobrol – ngobrol sama temen – temen sesama penunggu Pak Aji .. aneh yah kata – katanya ??

Selesai berurusan sama Pak Aji gw langsung balik lagi ke Lab. Ternyata tugas input soal udah selesai.. ya elah.. setelah beristirahat kita semua pulang. Gw berencana untuk ngerjain PI dirumah supaya ga kelabakan pas mau sidang hari selasa depan, tapi sial ternyata modem dan catatan PI ketinggalan di kosan, jadi kerjaan gw agak terhambat. Akhirnya gw putuskan untuk ngerjainnya di kosan aja besoknya.

Malemnya ada Indonesian Idol. Gw suka sama acara ini, tapi kadang kesel sendiri kalo ada peserta yang nyanyinya ga bagus malah tetep lolos ke babk selanjutnya. Yah namanya juga reality show..

10 Juni 2012
Minggu pagi tiba, hari itu adalah hari pelantikan keponakan gw sebagai Putra Altar. Yang artinya dia sudah semakin melangkahkan kakinya menuju jalan menjadi Tuhan haahaahaa.. buat yang belum tau nih ya, keponakan gw itu memiliki anggapan bahwa untuk menjadi Tuhan harus melewati tahapan – tahapan tertentu yaitu, Baptis -> Komuni -> Putra Altar -> Frater -> Diakon -> Pastur -> Uskup -> Kardinal -> Paus -> Santo -> Tuhan. Walaupun anggapan ini salah tapi gw dan kakak gw ga pernah marahin dia karna nantinya juga dia tau sendiri. Kita semua malah jadiin ini bahan lucu – lucuan aja sembari mendukung keinginan dia untuk jadi pelayan Tuhan. Karena memang sangat sedikit orang yang terpanggil hatinya untuk menjadi pelayan Tuhan di lingkungan dalam Gereja. Gw bahkan ga pernah terpikir untuk menjadi Pelayan Tuhan yang seperti itu. Memang hal seperti itu cuma akan dateng lewat panggilan hati aja.

Pulang dari Gereja menghadiri Misa dan pelantikan Putra Altar gw langsung pulang dan siap – siap menuju Depok. Gw sengaja naik Bus Patas 73 supaya bisa duduk dengan nyaman, biarpun harus menempuh jarak yang lebih jauh. Awalnya gw berpikir bahwa gw pasti akan duduk di bus selama perjalanan, tapi ternyata bus itu penuh sesak otomatis gw pun harus ngasih bangku gw ke ibu yang berdiri di dekat gw.

Sampe di Pasar Rebo gw menyambung nai angkot 112 menuju Depok, gw yakin perjalanan ga akan lama, tapi lagi – lagi gw salah karena ternyata jalanan macet banget, terutama di kawasan rumah sakit Tugu Ibu. Akhirnya perjalanan diluar dugaan itu berkahir di jam 5 sore waktu Indonesia bagian kosan.
Malem harinya gw, Seto dan Bejong nonton bola padahal logikanya kita lagi sibuk nyiapin buat sidang eh ini malah nonton bola hahah..

11 Juni 2012
Kuliah senin pagi seperti biasanya, sepi dan hening karna banyak yang belum pada dateng, terutama dosennya. Sambil nunggu dosen dateng kita ikut partisipasi dipemungutan suara pemilihan calon ketua dan wakil ketua BEM untuk periode 2012 – 2013. Ada 2 Pasangan calon, yang pertama adalah Falah – Bachty dan yang kedua adalah Diaz – Ratna. Siapapun yang kepilih mudah – mudahan bisa jalanin visi dan misinya dengan baik, lagipula visi dan misi mereka agak mirip jadi ga terlalu pengaruhlah ya siapapun yang kepilih..🙂

Selanjutnya di mata kuliah Pak Hendro, seperti biasanya kalo di kelas Pak Hendro pasti gw bakal banyak ketawa, meskipun materi kuliahnya ribet setengah mampus : )) , alasannya sederhana, karna Pak Hendro adalah tipikal orang yang mudah menertawai situasi, tapi dalam makna positif loh ketawanya heheh..
Pulang kuliah gw sama beberapa temen “Yuditer’s” pergi ke kampus G untuk minta pengarahan dari Bu Yudit buat sidang esok harinya. Seperti dugaan gw, Bu Yudit langsung ngingetin gw untuk tidak berdebat saat sidang. Ya maklumlah beliau udah cukup kenal gw yang suka banget mempertahankan pendapat alias keras kepala hahah..

Selesai dapet pengrahan gw dan Vini pergi ke toko baju, kebetulan gw lupa bawa kemeja putih, sedangkan untuk sidang kita semua diwajibin pake kemeja putih. Di deket toko baju itu gw sempet ketemu Cinthya yang lagi sama temennya, ga tau deh itu lagi ngapain si endut😀
Sorenya gw, Seto, Bejong tidur ampe jam 7 malem, mungkin karna udah cape banget kali ya makanya ampe bablas gitu hahaha.. pas bangun kita semua langsung siap – siap makan malem dan nyiapin buat sidang besoknya. Terus malem itu juga ada ertandingan Inggris Vs Perancis jadi pantang untuk dilewatin. Gw nonton sendiri karna Seto udah tidur pules, sedangkan Bejong udah pulang ke rumahnya. Jujur aja pertandingannya lumayan ngebosenin karena tim Inggris ga biasanya main defensif padahal materi tim ini adalah materi ofensif. Akhirnya pertandingan berakhir dengan skor 1 – 1.

12 Juni 2012
Hari ini sidang PI dimulai, semua yang kebagian jadwal sidang tanggal 12 Juni 2012 pasti ngerasain deg – degan, dan gw adalah salah satunya. Gw dan Seto berangkat jam 8 kurang supaya bisa mereduksi ketegangan, ternyata pas sampe kampus ada beberapa temen yang nyampe duluan, itu artinya mereka lebih tengang dari pada kita hahaha..

Sidang di jadwalkan mulai jam 9.00 pagi, tapi ternyata baru bener – bener mulai sekitar jam 9.30 pagi. Gw sempet ngeduga bakalan dapet giliran pertama karena didaftar peserta sidang nama gw ada paling atas, tapi ternyata peserta sidang dipanggil secara acak. Pada akhirnya gw baru dapet giliran di jam 11.43 siang dan berakhir 30 menit kemudian. Lumayan banyak revisi yang harus gw kerjain terutama dalam hal penyampaian bahasa penulisan. Karena menurut dosen penguji bahasa dalam PI gw itu cukup sulit dipahami oleh awam. Oke buat gw itu ga perlu dipermasalahin, toh dosen penguji menjelaskannya dengan nada yang sangat bersahabat🙂

Selesai sidang gw langsung makan siang, karna lapernya udah ga ketulungan hahahay.. sempet ketemu juga sama Cinthya dan Heidy, sama seperti hari – hari kemarin gw akan komentari rambu Heidy yang baru dan ngucapin kalimat yang sama, “rambutnya balikin donk kayak dulu, cantikan yang dulu..” Setelah makan siang gw nemenin Yuni untuk ke loket pendaftaran mahasiswa baru. Kebetulan hari ini dia baru selesai ikut ujian SNMPTN di Pondok Gede, karena ga terlalu jauh dia sempetin dateng ke kampus Gunadarma Depok buat ambil formulir. Lucu ya kadang – kadang kalo liat kasus kayak gini, seolah kampus swasta selalu jadi pilihan kedua. Eh tapi untuk kasus Yuni ini hampir pasti dia bakal pilih Gundar apapun hasil di SNMPTN, karena dia ini calon penerima beasiswa Gundar. Rencananya ade gw ini akan pilih Teknik Industri, kebetulan minat dia emang disana dan tentunya kemampuannya emang okenya di bidang kayak gitu. Setelah ambil formulir dan tanya – tanya info pilihan jurusan ke petugas loket pendaftaran, gw jelasin lagi pengalaman – pengalaman selama kuliah di Gundar, karena kayanya dia masih bingung dunia kuliah itu kayak apa. Setela itu kita siap – siap pulang, tapi sebelum pulang dia sempetin untuk sholat dulu. Dan di mesjid kita ketemu Rai, menurut penjelasan singkat Rai katanya jurusan Teknik Industri di Gundar itu tergolong Top banget, setelah denger itu Yuni jadi keliatan makin yakin, karena sebelumnya gw ga bisa jelasin sebagus apa Teknik Industri Gundar. Selesai sholat baru deh kita pulang, dia ke Tangerang sedangkan gw cuma ke kosan aja.

Sampe dikosan gw langsung tepar karena udah nguanntuk banget. Malem harinya datanglah seekor Seto yang baru pulang dari tugas di lab psikologi dan sejam kemudian datenglah sebongkah Bejong yang seperti biasanya akan mengurangi jam tidur gw dan Seto karna kalo ada dia pasti jadi susah tidurnya. Dan benar adanya karena gw dan dia malah jadi maen PS sampe sekitar jam 11.00 malem.

Terima kasih Tuhan untuk setiap harimu yang indah. Lindungi dan berkati selalu kami semua dengan curahan roh kudus-Mu.. Amin🙂

Tinggalkan Balasan

