Arsitektur Komputer Dan Hubungannya Dengan Kognisi Manusia

A. Arsitektur Komputer

Arsitektur komputer dapat didefinisikan sebagai gaya konstruksi dan organisasi dari komponen-komponen sistem komputer. Walaupun elemen-elemen dasar komputer pada hakekatnya sama atau hampir semuanya komputer digital, namun terdapat variasi dalam konstruksinya yang merefleksikan cara penggunaan komputer yang berbeda.

Arsitektur komputer meliputi spesifikasi sekumpulan instruksi dan unit
hardware yang melaksanakan instruksi tersebut.

Tingkatan Dalam Arsitektur Komputer

Ada sejumlah tingkatan dalam konstruksi dan organisasi sistem komputer. Perbedaan paling sederhana diantara tingkatan tersebut adalah perbedaan antara hardware dan software.

1. Tingkatan Dasar Arsitektur Komputer
Pada tingkatan ini Hardware sebagai tingkatan komputer yang paling bawah dan paling dasar, dimana pada hardware ini “layer” software ditambahkan. Software tersebut berada di atas hardware, menggunakannya dan mengontrolnya. Hardarwe ini mendukung software dengan memberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan software.

2. Multilayerd Machine
Tingkatan dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan memandang sistem komputer keseluruhan sebagai “multilayered machine” yang terdiri dari beberapa layer software di atas beberapa layer hardware.
Berikut tingkatan layer tersebut :

tingkatan dasat arsitektur komputer

tingkatan dasat arsitektur komputer


Keterangan :
1. Physical Device Layer
Merupakan komponen elektrik dan elektronik yang sangat penting
2. Digital Logic Layer
Elemen pada tingkatan ini dapat menyimpan,memanipulasi, dan mentransmisi data dalam bentuk represeotasi biner sederhana.
3. Microprogrammed Layer
Menginterprestasikan instruksi bahasa mesin dari layer mesin dan secaa langsung menyebabkan elemen logika digital menjalankan operasi yang dikehendaki. Maka sebenarnya ia adalah prosesor inner yang sangat mendasar dan dikendalikan oleh instruksi program kontrol primitifnya sendiri yang disangga dalam ROM innernya sendiri. Instruksi program ini disebut mikrokode dan program kontrolnya disebut mikroprogram.
4. Machine Layer
Adalah tingkatam yang paling bawah dimana program dapat dituliskan dan memang hanya instruksi bahasa mesin yang dapat diinterprestasikan secara langsung oleh hardware.
5. Operating System Layer
Mengontrol cara yang dilakukan oleh semua software dalam menggunakan hardware yang mendasari (underlying) dan juga menyembunyikan kompleksitas hardware dari software lain dengan cara memberikan fasilitasnya sendiri yang memungkinkan software menggunakan hardware tersebut secara lebih mudah.
6. Higher Order Software Layer
Mencakup semua program dalam bahasa selain bahasa mesin yang memerlukan penerjemahan ke dalam kode mesin sebelum mereka dapat dijalankan. Ketika diterjemahkan program seperti itu akan mengandalkan pada fasilitas sistem operasi yang mendasari maupun instruksi-instruksi mesin mereka sendiri.
7. Applications Layer
Adalah bahasa komputer seperti yang dilihat oleh end-user.

B. Konginisi manusia
Kognisimanusia merupakan pengetahuan manusia yang didapat dari interaksinya dengan lingkungan. Pengetahuan ini membentuk suatu pola pemikiran atau dasar berpikir untuk proses berpikir selanjutnya. Dengan demikian suatu kognisi manusia akan terus berkembang sesuai dengan interaksinya dengan lingkungan.
Berbagai Fungsi Kognitif
Atensi dan kesadaran
Atensi adalah pemrosesan secara sadar sejumlah kecil informasi dari sejumlah besar informasi yang tersedia. Informasi didapatkan dari penginderaan, ingatan dan proses kognitif lainnya. Atensi terbagi menjadi atensi terpilih (selective attention)dan atensi terbagi (divided attention). Kesadaran meliputi perasaan sadar maupun hal yang disadari yang mungkin merupakan fokus dari atensi.
Persepsi
Persepsi adalah rangkaian proses pada saat mengenali, mengatur dan memahami sensasi dari panca indera yang diterima dari rangsang lingkungan. Dalam kognisi rangsang visual memegang peranan penting dalam membentuk persepsi. Proses kognif biasanya dimulai dari persepsi yang menyediakan data untuk diolah oleh kognisi.
Ingatan
Ingatan adalah saat manusia mempertahankan dan menggambarkan pengalaman masa lalunya dan menggunakan hal tersebut sebagai sumber informasi saat ini. Proses dari mengingat adalah menyimpan suatu informasi, mempertahankan dan memanggil kembali informasi tersebut. Ingatan terbagi dua menjadi ingatan implisit dan eksplisit. Proses tradisional dari mengingat melalui pendataan penginderaan, ingatan jangka pendek dan ingatan jangka panjang.
Bahasa
Bahasa adalah menggunakan pemahaman terhadap kombinasi kata dengan tujuan untuk berkomunikasi. Adanya bahasa membantu manusia untuk berkomunikasi dan menggunakan simbol untuk berpikir hal-hal yang abstrak dan tidak diperoleh melalui penginderaan. Dalam mempelajari interaksi pemikiran manusia dan bahasa dikembangkanlah cabang ilmu psikolinguistik
Pemecahan masalah dan kreativitas
Pemecahan masalah adalah upaya untuk mengatasi hambatan yang menghalangi terselesaikannya suatu masalah atau tugas. Upaya ini melibatkan proses kreativitas yang menghasilkan suatu jalan penyelesaian masalah yang orisinil dan berguna.
Kelebihan dan kekurangan dari struktur kognisi yaitu :
Kelebihan :
Struktur kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas. Banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar. mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal.
Kekurangan :
Membutuhkan waktu yang cukup lama

C. Hubungan Arsitektur komputer dengan kognisi manusia
Berdasarkan penjelasan diatas mengenai arsitektur manusia dan kognisi manusia maka kita dapat menyimpulkan bahwa arsitektur manusia memiliki hubungan yang parallel dengan kognisi manusia, dimana arsitektur computer memiliki proses yang berbeda dengan kognisi manusia. Arsitektur komputer terangkai dari perangkat-perangkat keras yang saling terintegrasi untuk menjalankan sebuah system pada komputer, yang artinya ada keterbatasan dalam hal peningkatan kerja pada system tersebut karena sifat perangkat keras yang statis. Sedangkan pada kognisi manusia proses pembentukannya sangat rumit dan dinamis. Perkembangan dari kognisi manusia memiliki batas, karena sangat bergantung pada seberapa besar interaksinya dengan lingkungan. Dalam hal ini terdapat kesamaan antara arsitektur komputer dan kognisi manusia, yaitu terdapat suatu rangkaian pemasukan informasi yang diikuti dengan pemrosesan informasi tersebut. Setelah itu didapatlah suatu output yang sesuai dengan kehendak.

Sumber :
Azwar, S. (1999). Pengantar psikologi intelegensi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.
Basuki, H. (2008). Psikologi Umum. Jakarta : Gunadarma
Chaer, A. (2009). Psikolinguistik. Jakarta : Rineka Cipta
Chomsky, N. (1965). Aspect of the theory of syntax. Cambridge : Massachusseth the M.J.T. Press.
Grindley, K & John, H. (1982). Menggunakan komputer secara efektif. Jakarta. PT. Pustaka binaman pressindo.
Jogiyanto,M.H. (1989). Pengenalan Komputer. Yogyakarta. Andi Offset.
Khairul, A. (2010). Teori perkembangan bahasa Chomsky. http://aiman-khairul.blogspot.com/2010/03/pada-dasarnya-seluruh-manusia-belajar.html. diakses pada 6 Oktober 2012.
Matlin, M.W. (1994). Cognition 3rd edition. New York : Harcourt Brace Publishers.
Retnoningsih, E. (2008). Belajar internet secara mandiri. Semarang. Salemba infotek.
Sarwono, S.W. (2002). Berkenaan dengan aliran-aliran dan tokoh-tokoh psikologi. Jakarta : Bulan Bintang.
Setiawan, A. (2004). Pengantar sistem komputer. Bandung. Informatika Bandung.
Solso, Robert L., Maclin, Otto H., Maclin, M. Kimberly. (2007). Psikologi kognitif (edisi ke-8). Jakarta: erlangga.
Suparno, P. (2001) Teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Yogyakarta : Kanisius
Yani, A. (2005). Panduan menjadi teknisi komputer. Tangerang. Agro media Pustaka

One response

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s