1 bulan !

Satu bulan sudah gw ga nulis cerita di blog ini, alasannya sederhana LELAH. Bukan lelah yang berarti bosen tapi memang lelah yang berarti capek. Pilihan gw untuk jalanin semester ini dengan nambah ekstra 6 SKS ternyata bikin gw hampir ga punya waktu untuk sekedar blog walking ke lapak temen-temen sesama blogger. Bahkan ada temen sesama blogger yang nanya ke gw, “Ganti haluan nih boss? Udah ga make tema Cerita Tanpa Batas lagi ?” , bukan tanpa alasan dia bilang begitu, karena blog ini lebih banyak diisi sama tugas mingguan salah satu mata kuliah.

Oke segitu aja deh pengakuan dosa gw hahaha..
Sekarang lanjut lagi ke tema utama blog ini, Cerita Tanpa Batas, yang udah banyak menyadarkan banyak temen pentingnya katarsis lewat tulisan🙂

Yang menarik dari satu bulan ini lumayan banyak jadi bakal gw rangkum perlokasi ya🙂

1. Kampus (Kelas)
Beberapa waktu lalu gw pernah mengeluhkan bahwa gw mengalami kesulitan memahami mata kuliah Psikologi kognitif, ternyata bukan gw doank, hampir semua orang dikelas gw mengalami kesulitan menangkap inti dari mata kuliah ini. Hal ini telihat dari presentasi kelompok dikelas gw. Semua harus baca berkali-kali sebelum dapet giliran presentasi, begitu pula kelompok gw. Hal ini makin diperparah sama kenyataan bahwa dikelas lain dosen kami hampir selalu marah-marah. Tapi berkat filosofis kelas gw yang selalu mengutamakan komunikasi interaktif kamipun ga pernah ngerasain omelan dari dosen kami, bahkan dosen kami tersebut cenderung baik dan mau membantu kami mendapatkan insight. Thanks Bu Ursa🙂

Disemester ini ada mata kuliah PSP, eh ini bukan gadget game yah😛 , ini adalah mata kuliah yang bakal nuntun gw nyeslesain skripsi, jadi ini penting banget. Dosen yang memandupun sangat dekat dengan mahasiswa, jadi kami bisa dengan nyaman nanya ini-itu. Yang paling penting dari Pak Wahyu ini adalah beliau ga menjadikan mata kuliah ini sulit, beda dengan cerita senior-senior kami yang dibuat stress sama mata kuliah ini hihihi.. Kebetulan gw berencana untuk bikin skripsi dengan metode kuantitatif jadi mata kuliah ini sangat membantu😀

Lalu semester ini ada mata kuliah yang sangat gw suka yaitu Psikodiagnostika – Tes Grafis. Kebetulan dosennya juga orang yang sangat murah senyum, eh bukan sekedar senyum tapi juga tawa khas.. hehehe. 2 minggu lalu Bu Dona menyampaikan sedikit materi mengenai interpretasi tes ini. Oh iya sebulan sebelumnya kami sudah diminta untuk membuat beberapa yang ada di tes grafis. Pada kesempatan itu Bu Dona dengan sangat jelas menyampaikan materi, bahkan ada beberapa yang di interpretasikan hasil gambar buatannya secara menyeluruh, termasuk gw. Tujuan tes grafis ini adalah untuk mengetahui kepribadian seseorang. Dari gambar yang gw buat Bu Dona memberikan interpretasi yang sangat jelas tentang diri gw. Gw sangat senang karena gw makin mengenal siapa gw dan dimana posisi gw saat ini. Oh iya interpretasi itu dilakukan secara personal jadi cuma gw dan Bu Dona yang tau secara detil hehehe..

Bu Dona ngajar Tes Grafis

Gw ini memang orang yang sangat “curious” alias mau tau apa aja.. hehe.. nah ini berdampak sama performa gw dikelas yang tergolong aktif untuk bertanya. Gw paling merasa nyaman dan aman kalo bertanya sama orang yang ga akan menyerang, sebagai contoh adalah Pak Hendro. Beliau ini selalu menjawab dan menjelaskan ke mahasiswanya dengan penuh kreativitas dan dengan sedikit lelucon yang biasa tapi enak didenger. Beliau juga selalu percaya mahasiswanya paham dengan apa yang dia jelaskan, jadi beliau ga pernah iseng menguji kami dengan pertanyaan yang mengagetkan. Apapun pendapat orang lain tentang cara belajar gw yang menurut mereka terlalu agresif, gw ga terlalu peduli karen yang gw lakukan adalah yang gw harapkan ke mahasiswa apabila gw jadi seorang dosen. Bukan cuma duduk dengerin lalu pulang.

Tadi diatas gw udah jelasin gw ngambil ekstra 6 SKS disemester ini alias 2 mata kuliah, nah di dua mata kuliah itu gw dapet kelas yang lucu-lucu. Di mata kuliah Psikologi klinis orang-orang dikelas ini cenderung pendiam dan sunyi. Boleh dibilang gw berasa lagi ikut kelas private disini hahaha tapi untungnya dosennya, Bu Anet, udah kenal dan tau karakter gw, jadi beliau ga ngerasa aneh dengan “beda”-nya gw dengan yang lain. Sementara itu di kelas Psikologi Umum lebih konyol lagi, karena Bu Betty menggunakan metode ajar dengan meminta mahasiswa membuat kelompok untuk mempresentasikan materi kuliah. Berhbung kelas ini isinya adalah anak-anak baru dikancah ilmu psikologi jadi masih banyak yang belum mereka tau. Hal ini berimbas ke cara mereka ngebahas materi yang sangat kaku dan serba kebingungan. Nah tiap kali ada kesempatan menjawab pertanyaan dari junior-junior ini gw pastikan gw akan jawab. Ntah karena apa, yang jelas mereka akan tepok tangan tiap kali gw ngasih jawaban.. hahaha..

2. iLab

Cerita paling menarik disini adalah pengalaman pertama aslab-aslab baru bertugas di iLab. Ternyata meskipun banyak dari mereka yang IPK-nya tinggi menjulang mereka juga butuh bantuan satu sama lain. Sebagai contoh aslab dari jurusan SI dan TI yang kebingungan ngeliat program R Comender dan QSB, maka mereka bakal nanya ke aslab dari jurusan akuntansi. Sebaliknya aslab dari jurusan akuntansi bakal banyak nanya ke aslab SI dan TI untuk program Java, Linux dan lain-lain.

Aslab iLab

Aslab iLab

Seminggu lalu junior gw di iLab, Jiejie (read : Cece) kayanya lagi stress dan galau tugas, alhasil tingkat sensitivitasnya meningkat drastis. Begitu ada praktikan yang berulah dia bakal ngomel abis-abisa hahaha.. padahal yang gw tau dia ini orangnya smart dan lucu banget. Minggu lalu juga kami banyak nyita gadget milik praktikan, karena ada larangan yang mereka lakukan dan akibatnya bisa fatal banget. Hampir semua gadget yang disita adalah karena mereka nyolok kabel USB ke komputer di iLab. Meskipun mereka mengaku cuma nge-recharge, tapi itu dianggap percobaan perusakan sarana iLab. Karena bisa aja ada transfer virus yang terjadi baik itu disengaja atau ngga.

Oh iya sekarang kami semua udah dapet ID card, jadi kalo markir motor ga usah bayar hahaha.. nggak kok, bukan itu fungsi ID card-nya, melainkan sebagai tanda buat praktikan kalo mau manggil kami, karena beberapa kali ada praktikan yang salah panggil pas minta bantuan dia malah panggil praktikan lain yang kebetulan lagi jalan menuju toilet. Hahaha..

ID Card :)

ID Card🙂

ID Card🙂

ID Card :)

ID Card🙂

Selain tugas asistensi di lab, kami juga sering curhat ini-itu dan tuker pikiran, terutama untuk urusan kuliah. Jadi gini loh, semua postingan blog gw satu bulan terakhir ini yang tentang komputer itu adalah hasil diskusi dengan temen-temen sesama aslab. Hehehe..
Selain tentang urusan kuliah juga kadang curhat mengenai problematika kehidupan, mereka seneng banget nanya dan minta saran ke gw, mentang-mentang gw orang psikologi hahaha.. tapi jadi lucu aja karena mereka nanyanya pada serius-serius banget walaupun gw selalu jelasin sambil ketawa-ketawa hahaha.. berasa jadi Mama Dedeh gw pokoknya..

curhat iLab

curhat iLab


curhat iLab

curhat iLab

Sejak sebulan lalu kami dapet kesempatan untuk nyobain Sport center Gunadarma yang baru dibangun. Di sini lapangannya ada tiga, dan tiap lapangan bisa dipake untuk futsal, basket dan voli, tapi kalo mau juga bisa dijadiin buat main badminton walau tanpa net haha..

Aslab on GSC

Aslab on GSC

Aslab on GSC ; Heidy - Cynthia

Aslab on GSC ; Heidy – Cynthia

Aslab on GSC

Aslab on GSC

3. Kosan
Ini adalah tempat paling adsurb, karena gw tinggal bareng sama orang adsurb hahaha…
Kalo ga percaya liat aja nih salah satu foto si Seto ini yang mau mandi eh tiba-tiba ngantuk dan tidur lagi !

Mau mandi tapi ngantuk

Mau mandi tapi ngantuk

Berhubung tempat ini adalah basecamp SS terutama buat isirahat nunggu pergantian kelas, jadi segala kegoblokan dan keanehan terjadi disini. Biasanya sih disini pada nonton dvd dari hasil nyewa di Video Ezzy, film-nya juga ga jauh-jauh dari komedi romantis yang kadang kok kayaknya mirip sama cerita hidup kami #ehCurhat hahaha..

Eh ngomong-ngomong soal curhat, 2 minggu lalu kami bertiga, gw, Seto dan Bejong abis main futsal kekosan dan ngobrol ini-itu sampe jam 2.30 pagi. Obrolannya macem-macem, tapi intinya kami saling mengevaluasi diri aja sih. Apalagi kami kan udah sampe di tingkat akhir masa perkuliahan, jadi udah saatnya mengurangi waktu untuk main-main.. #hening

Ah lain kali bakal gw ceritain yang lebih kacau lagi..

4. Salemba (Tempat Latihan Bridge)

Seperti biasanya tiap sabtu dan minggu dari siang sampe sore menjelang malem kami para atlet bridge kampus ada jadwal latihan disini. Dan seperti biasanya juga pelatih kami bakal nguji sejauh mana kemampuan kami, bahkan ga jarang pelatih kami bakal marah-marah kalo kita ga bisa menerapkan apa yang dia mau.. ah yasudahlah itu biasa didunia perolahragaan. Hal yang penting yang terjadi ditempat latihan adalah pengumuman gw ikut serta di kejuaraan bridge ASEAN yang tahun ini tuan rumahnya adalah Indonesia. Jadi bulan Desember nanti gw bakal terbang ke Bali untuk ikut turnamen itu. Tapi sayangnya jadwalnya memang bentrok dengan UTS, jadi akan ada beberapa mata kuliah yang ujiannya harus ikut susulan, tapi ga apa-apalah🙂

Secara ringkas jadwal gw adalah :
senin-rabu : kuliah
kamis-jumat : tugas di iLab
sabtu-minggu : latihan bridge

Nah kebayangkan capeknya kayak apa ? hihihihi..

Oke segitu dulu deh ceritanya.. kalo rumah ga perlu gw ceritain, karena sebulan ini gw jarang dirumah hihihi..

Tinggalkan Balasan

