Hai December, Thank You ! :)

Ini adalah pengalaman pertama gw pergi ke Bali, walaupun kali ini tujuan utamanya adalah untuk ikut turnamen bridge tapi masih sempet untuk jalan-jalan di Bali. Gw ga sendiri, ada banyak temen-temen sesama atlet bridge kampus yang ikut dalam rombongan ini.
Atlet bridge Gunadarma ada lebih dari 20 orang tapi ga semua berangkat. Kami berangkat ke Bali terbagi menjadi 3 kloter. Ada yang berangkat tanggal 30 November, ada yang tanggal 2 Desember dan ada pula yang terbang tanggal 6 Desember. Sementara itu Turnamen ASEAN Bridge Club Championship untuk kategori Junior dimulai tanggal 7 Desember.
Gw cukup beruntung karena tergabung di kloter yang berangkat tanggal 2 Desember, jadi gw dan beberapa temen lainnya bisa jalan-jalan dulu di Bali hehehe..

1 Desember 2012
Dari Pagi Sampe malem gw udah ngebayangin indahnya Bali yang terkenal itu. Bahkan gw sampe lupa sama banyak tugas yang menunggu.

2 Desember 2012
Sejak pagi gw udah mulai packing untuk keberangkatan ke Bali. Kami berangkat bukan dari Soekarno Hatta, melainkan dari bandara Husein Sastranegara – Bandung. Jadi kami sebelumnya naik mini bus Baraya dulu menuju Bandung.
ready to go
berangkat
Awalnya perjalanan lancar-lancar ajatapi ditengah jalan mobil yang kita naikin itu tiba-tiba bau gosong, awalnya gw ngeduganya bau ban yang kebakar atau semacam kanvas rem yang aus. Tapi setelah diperiksa ternyata ada kendala di mesin, meskipun udah coba diperbaiki tapi begitu keluar tol Pasteur kami diturunkan dengan alasan Pak Supir mau bawa mobilnya ke bengkel. Akibatnya kami harus nerusin perjalanan menuju bandara dengan naik angkutan lain. Karena taksi harganya lumayan mahal, akhirnya kami pilih carter angkot hahaha.. tapi ternyata supir angkotnya tau kebutuhan kami, dia langsung cari jalan tikus super lancar dibanding dengan jalan raya yang padet ama kendaraan yang mau pulang ke arah Jakarta.

Kesan pertama gw begitu ngeliat lingkungan sekitar bandara itu adalah bingung, karena dari jauh lebih mirip kaya pabrik gula dari pada bandara, bahkan tempat parkir bandara itu sangat tidak beraturan dan kacau. Kami yang tadinya mau makan disekitar tempat itupun jadi batal karena ga bisa naro barang-barang kami karena sempitnya tempat itu. Akhirnya kami makan di dekat pintu masuk keberangkatan, yang harganya agak mahal hahaha..
bandara sempit
ampun
IMG_2098
Setelah check in kami langsung nunggu diruang tunggu, untuk waktu yang lama, bayangin aja nih kita check in jam 19.00 sedangkan pesawat kami dijadwalin terbang jam 22.00 , eh ditambah lagi delay sampe jam 2.30 -_- , tapi kabar baiknyaadalah kami jadi dapet uang kompensasi hahaha..
IMG_2108
3 Desember 2012
Sesampainya di bandara Ngurah Rai sekitar jam 6.00 pagi. kami langsung sambung naik taksi menuju hotel tempat tim kloter 30 November menginap. Kami pake 3 taksi yang diisi 3 dan 4 orang. Taksi yang gw naikin nama supirnya Pak Wayan Darta. Kami berdua sepanjang perjalanan asik ngobrolin Jokowi dan Gubernur Bali, sedangkan yang lainnya cuma jadi pendengar yang baik.. hihih..

Sesampainya di hotel kami langsung tidur untuk istirahat dan setelah bangun kami langsung menuju Kuta untuk menginap di hotel yang baru. Kami pilih menginap di daerah Kuta karena lebih dekat dengan banyak tempat wisata yang terkenal.

Sebagai tujuan pertama kami setelah check in adalah pantai Kuta yang terkenal itu. Awalnya gw pikir pantai Kuta itu kayak apa kok bisa sampe banyak turis asing yang kesana. Ternyata kelebihannya adalah ombaknya yang stabil, tapi sayangnya banyak sampah disana-sini, terutama ranting-ranting, mungkin karena abis ujan gede jadi ada banyak pohon tumbang disekitar laut -_-
Setelah puas main dipantai kitapun pulang dengan berjalan kaki dan bertelanjang dada, sejak hari itu gw jadi jarang make baju selama di Bali hahaha..IMG_2110
IMG_2118IMG_2156

Sampe di hotel ternyata beberapa temen udah pada rileks nyebur di kolam renang, gw pun ikutan berenang lagi. Ogah rugi banget ya hahaa
Malem harinya gw kepisah dari temen-temen yang yg lain karena faktor makanan. Seperti biasanya saat yang lain suka makan ketempat makan siap saji semacam Mc. D ataupun KFC maka saat itu pula gw akan memisahkan diri.

Malam itu gw cukup bingung karena makanan disana hampir semua mengandung daging, sampai akhirnya muncul ide konyol yaitu gw mengaku-ngaku sebagai orang Thailand…
Gw : “Sorry, may I know where is indonesian food restaurant here ?”
Beli : “Oh ya over there, turn right the turn right again.. by the way where are you come from mister?”
Gw : “I’m from Thailand. Oke thank you..”
Nah setelah gw jalan, gw sedikit menengok ke dia lagi.. eh dia malah nawarin diri untuk nganterin ke temepat makan.
Setelah sampe di rumah makan itu, si Beli ini ngomong dengna nada intonasi tinggi ke pemilik rumah makan itu..
Beli : “ Bu, ini orang dari Thailand.. kasih harga turis aja..”
Gw yang denger ucapan itu jadi ketawa dalem hati.. hahah dia pasti mikir gw ga ngerti apa yang dia omongin.

Gara-gara hal itu harga yang harus gw bayarpun jadi membengkak. Berdasrkan perhitungan gw dari menu-menu yang gw pesen harusnya gw bayar Rp. 28.000 tapi karena kebodohan gw ngaku-ngaku jadi Orang Thailand maka gw harus membayar Rp.42.000 hahaha. Ini jadi pelajaran buat kita semua biar ga usah sok-sokan ngaku turis asing.

Setelah makan malem selesai, kami semua ketemuan di monumen Bom Bali. Disitu kami melaksanakan kegiatan-kegiatan alay kami. Foto-foto dan mengagumi bule-bule yang lalu-lalang sambil sesekali takjub dengan keindahan tubuh mereka hahaha…
IMG_2191

4 Desember 2012
Apa yang kami lakukan di tanggal 4 Desemeber hampir sama dengan hari sebelumnya yaitu keliling Kuta bedanya adalah dimalam harinya kami habiskan dengan cerita-cerita tentang problematika hidup kami. Gw dan Gerald yang adalah orang psikologi lebih banyak menjadi pendengar dan tempat bertanya dari temen-temen lainnya.

5 Desember 2012
Kami semua hari itu jalan-jalan ke banyak tempat wisata di Bali. Yang pertama kami kunjungi adalah Tanjung Benoa untuk main water sport.Selanjutnya adalah Dream Land. Disini pantainya berombak besar dan airnya jernih banget, gw bahkan bisa ngeliat kaki gw sendiri pas nyebur kelautnya wuiiihhhh… bener-bener ga gw sia-siain selama disini gw rela dah dihempas ombak berkali-kali. Kalo kita pasif disana pasti berasa banget hempasan ombaknya😀
Tapi sayangnya di tempat ini minim fasilitas.. hmm.. mungkin karena masih baru dikembangkan🙂IMG_2425IMG_2435IMG_2454

IMG_2458

Setelah puas dengan Dreamland kamu menuju Uluwatu. Objek utama di Uluwatu adalah Pura dan tebing tingginya. Disini kami diminta untuk tidak memakai perhiasan yang bisa menarik perhatian, karena disini banyak monyet yang hidup bebas, kalau lagi sial bisa-bisa barang bawaan kita diambil sama monyet itu. Salah satu korbannya adalah temen kami Gerald yang sendalnya diambil monyet dan dibawa lari kehutan hahaha..IMG_2496

IMG_2504

IMG_2491
Setelah puas dengan Uluwatu kami semua pulang menuju Kuta, tapi sebelum bener-bener pulang kami makan malam dulu. Sebagian besar pergi kerumah makan yang menyediakan daging B2, sedangkan gw, Bella dan Yuni memilih pergi ke rumah makan padang yang lokasinya deket dengan monumen.
Malam itu gw memilih untuk istirahat dikamar aja, entah kenapa hingar-bingar kehidupan malam di Bali ga begitu menarik buat gw. Hampir tiap malam yang gw liat cuma bule yang bawa bir bintang dan sekumpulan geng pecinta Superman Is Death. Mungkin kalo ini semua terjadi sekitar 5 tahun lalu bakalan menarik buat gw, kalo sekarang sih entahlah rasanya aneh aja kalo gw ada diantara orang-orang malam kayak mereka. hehehe..
Niat awalnya sih malem itu gw mau tidur aja, eh ternyata gw malah kepikiran UTS, jadilah gw baca-baca materi UTS. Pas lagi baca dan sambil sms-an tiba-tiba Yuni keluar dari kamarnya karena lagi ada konflik kecil ama Bella. Terus kami ngobrol dan berujung pada curhatan kehidupan dia. Emang nasib yah jadi calon psikolog, ada aja yang dateng dengan masalahnya dan ceritain semuanya.
Setelah selesai sesi curhat itu, gw menuju ke minimarket yang ada dideket hotel. Do you know what I see ?? sepanjang jalan Legian-Kuta isinya orang-orang berbaju hitam, gak salah lagi mereka adalah komunitas pecinta SID. Walau tampang mereka sangar-sangar tapi mereka masih bisa senyum ke orang lain hehehe.

6 Desember 2012
Hari keempat menjelajah Bali, jujur gw mulai bosan. Tiap hari yang gw liat kalo ga laut/pantai, tebing dan yang terakhir adalah gundukan isi BH. Mau kemana-mana liatnya itu mulu. Dan kali ini kami di jadwalkan untuk pergi ke Tanah Lot. Hari itu juga kami check out dari Kuta karena esok harinya kami udah mulai tanding di Sanur beach hotel, jadi sebelum ke Tanah Lot kami drop barang bawaan kami di hotel kami yang baru.

Segala kebosenan gw terhadap Bali terbayar lunas setelah menginjakan kaki di Tanah Lot. Sebelumnya sepanjang perjalanan gw akhirnya bisa liat sawah, kebun dan kehidupan khas Indonesia lainnya. Hal pertama yang menarik perhatian gw pas nginjekin kaki disana adalah lukisan-lukisan bergaya realis dan dot panting. Setelah mengamati akhirnya gw memutuskan untuk beli lukisan yang menurut gw keren. Proses tawar menawarnyapun ga terlalu sengit, karena gw melihat dari segi keindahannya bukan dari harga modal catnya. 2 lukisan yang gw beli itu dibungkus dan bingkainya di peretelin supaya gampang bawanya. Selain gw, ternyata Yuni juga beli 1 lukisan.IMG_2609

IMG_2508

IMG_2510

IMG_2526

IMG_2562

IMG_2574

Setelah beli lukisan kami menuju objek utama kami, Tanah Lot. Lingkungan di Tanah Lot bener-bener Indonesia banget, dimana-mana ada pedagang sebelum masuk gapura utama, bahkan boleh dibilang harga-harga disini masih lebih murah dibanding harga di tempat wisata lain yang udah kunjungi di Bali.

Masuk di kompleks Tanah Lot mata gw langsung tertuju ke arah laut yang ombaknya ganas banget !! banyak orang yang tadinya berdiri untuk difoto dengan beckground laut eh malah basah karena hempasan ombak besar. Logikannya dengan ombak sebesar itu tiap harinya harusnya karang dan tebing di sekitar tempat itu akan mudah terkikis dan hancur, tapi nyatanya Pura dan tebing-tebing disana masih berdiri kokoh.
Boleh dibilang Tanah Lot adalah objek wisata yang paling ga terlupakan diantara objek wisata lainnya selama di Bali.

Setelah puas dengan Tanah Lot kami menuju Potato Heads. Entah tempat apapula Potato Heads ini, gw pokonya ikut aja deh kemana rombongan pergi. 100 meter sebelum memasuki lokasi ada tim security yang meriksa mobil yang kami naiki. Ternyata hampir semua pengunjung tempat ini adalah bule-bule dan menurut Pak supir tempat ini emang world class, termasuk harga-harganya hahaha.. daaaan tepat sekali, ternyata minimum ordernya adalah 1,3 juta rupiah per table per 3 person hahaha !!! disnapun jadinya cuma foto-foto doank dan langsung cabut, mungkin cuma sekitar 10 menit kami disitu. ASLI KOCAK :)) Kami pergi dari tempat itu sambil ketawa-tawa ngebahas kejadian yang baru aja kami alami.IMG_2637

IMG_2624

IMG_2628

Karena ga tau mau kemana lagi akhirnya kami putuskan untuk balik lagi ke Kuta dan menikmati sisa-sisa hari liburan kami sebelum tanding.

Sesampainya kami di hotel baru kami di Sanur, beberapa dari kami ada yang langsung istirahat dan adapula yang ngobrol-ngobrol didekat meja lobi, sedangkan gw dan Mogot berenang lagi di kolam renang hotel itu. Setelah itu gw pergi ke mini market untuk beli sabun. Jantung gw tersentak pas kasir bilang harga sabun itu adalah Rp. 18.000 padahal harga normalnya Rp. 6.000-an. Gw langsung pake jurus lupa bawa dompet dan ga jadi beli sabun hahaha..

Sekitar jam 8.00 malam waktu Bali kita kumpul sama pelatih juga untuk me-review keuangan selama di Bali dan kami juga mendiskusikan masalah pertandingan esok hari. Sementara itu beberapa yang lainnya menjemput kloter terakhir di bandara. Ditengah-tengah perbincangan kami, tiba-tiba gw inget lukisan yang gw beli ketinggalan di mobil yang kita sewa tadi. Untungnya setelah dihubungi, Pak Supir bersedia mengantar esok harinya. Thanks Pak🙂
Setelah selesai diskusi kami diminta untuk beristirahat, tapi gw kurang bisa tidur dalam keadaan badan pegel-pegel. Akhirnya gw putuskan untuk main PS, kebetulan gw bawa PS yang ada di kosan hahaha. Baru sebentar gw main eh listrik di hotel itu koslet dan akibatnya adalah semalaman kami tidur tanpa lampu yang menyala.

7 – 9 Desember 2012
Pagi itu kami sudah siap untuk bertanding. Kami terbagi menjadi 3 tim yaitu :
1. Gunadarma 1 :
Elia (Mogs)
Dave (Devon)
Geral Lasut (Nyolos)
Tauvan (Endo) ©

2. Gunadarma 2 :
Bella
Freggy (Toar)
Gisella (Ela)
Marco (Boko)
Reinaldo (Valla)
Usber ©
Yuni

3. Gunadarma Ladies :
Effie
Jennifer W. (Jeje)
Jennifer SK (Jenny)
Julia (Jupe)
Clauria (Clau)
Thea

Dan WAG’S-nya adalah Echa dan Novel

Singakat cerita di 2 hari babak penyisihan cuma tim Gunadarma 1 yang lolos kebabak Final Four. Sedangkan 2 tim lainnya masuk ke babak Swiss Consolation.

Beberapa cerita unik sepanjang pertandingan diantaranya ketika gw berpasangan dengan Toar melawan salah satu tim dari Singapura. Beberapa kali Toar lupa, dia nanya ke lawan dengan bahasa Indo-Manado yang bikin lawan jadi mengerenyitkan dahi hahaha.. Toar-pun jadi ketawa sendiri pas dia sadar. Terus ada lagi cerita dari tim Gunadarma Ladies ketika ngelawan peserta dari Minahasa yang personilnya masih bocah. Mereka main kode dan mengintip pas tim ladies lengah, tapi akhirnya ketauan juga sih haha dasar Bocah.
IMG_2671

IMG_2675

IMG_2669

IMG_2670

IMG_2710

IMG_2646

IMG_2715

IMG_2750

IMG_2723
Dibabak final ternyata tim Gunadarma 1 belum bisa jadi yang terbaik di ASEAN. Sebenarnya tim Gunadarma 1 ini adalah tim langganan juara di level nasional, tapi kali ini nasib berkata lain. Oke ga perlu diratapi kegagalan tahun ini, karena rencananya tahun depan kami akan ikut kejuaraan antar klub ASEAN lagi di Manila. Tentunya kami harus melakukan persiapan yang lebih lagi supaya dapet hasil terbaik.

Selesai pertandingan kami dijadwalkan untuk ikut di closing ceremony, tapi karna jeda waktu yang terlalu lama akhirnya beberapa dari kami langsung pergi ke hotel baru kami di Kuta dan setelahnya having fun lagi. Lagi-lagi gw ga ikut rombongan yang pergi ke Kuta duluan. Gw lebih pilih untuk iktu closing ceremony dan makan malam disana. Sambil menunggu jam closing ceremony kami gw dan beberapa temen yang ga ikutan pergi ke pantai Sanur yang tenang itu. Menikmati sunset dan tiupan angin sambil ngobrol masalah Fam alias garis keturunan masing-masing dari kami. Awal mulanya adalah Bella yang sering nanya tentang Fam Manado. Wajar rasanya kalo Bella banyak tanya, karena dia berusaha mengenal Manado, karena 90% dari kami adalah orang Manado.

Makan malam dan closing ceremony itu jjuga menyuguhkan tarian-tarian tradisional khas Indonesia. Makanan yang disuguhkanpun semuanya khas Indonesia, mulai dari nasi, rendang, ikan asap, kue-kue dan puding tropis semuanya Indonesia banget !!!
Closing ceremony ga sia-sia karena memang pelatih kami juga menang di kategori mixed open.

Selesai closing ceremony kami pulang dan menyusul ke Kuta. Sampai di Hotel gw, Yuni dan Bella langsung istirahat, sedangkan yang lainnya nyusul ke Legian dan baru pulang sekitar jam 2 pagi.

10 Desember 2012
Pagi harinya, temen-temen yang udah terjadwal terbang ke Bandung jam 12.00 keliatan sibuk banget packing. Dan merekapun cabut sekitar jam 10-an.
Kami yang baru akan berangkat jam 23.50 memilih menghabiskan hari terakhir kami di Bali dengan mengunjungi pusat oleh-oleh. Tempat yang kami tuju adalah Krisna dan Joger. Harga barang-barang di Krisna lumayan mirip dengan yang ada di Jakarta, sedangkan di Joger… Ampun dah hahaha
IMG_2854
Malam hari tiba, kami semua sudah bersiap-siap untuk berangkat menuju bandara untuk menuju Bandung. Disini sebenernya udah mulai kerepotan dengan barang bawaan, apalagi gw ngebawa bingkai lukisan. Bahkan pas mau scan di bandara gw juga ngalamin banyak kesulitan.

Kami malam itu tebagi menjadi 2 kloter, sementara itu gw dan sebagian besar temen-temen ada di kloter terakhir. Begitu liat jam, hmm.. masih lama ternyata. Sambil nunggu boarding, beberapa temen main kartu, nama gamenya SONG.
IMG_2880

IMG_2876
11 Desember 2012
Jam 1.30 kami tiba di kota Bandung, tapi ada insiden yang terjadi. Koper Bella dibawa orang lain, sementara itu ada satu buah koper yang ketinggalan, jadi kami simpulkan koper itu adalah milik orang yang ngebawa koper Bella. Setelah diizinkan oleh petugas keamanan bandara kamipun membuka koper itu dan mencari identitas pemilik tas itu. Bella sempat panik dan menangis karena bahan materi UTS ada di koper itu termasuk KRS. Akhirnya setelah 2 jam mencari semua data yang ada di dalam koper itu akhirnya didapatkan identitas pemilik barang tersebut. Sekitar 45 menit kemudian datanglah pemilik koper itu dengan membawa koper milik Bella. Sayang sekali karena orang tersebut enggan mengakui kesalahan. Yasudahlah yang penting koper milik Bella sudah ditangan. Kamipun pulang menuju Jakarta dengan bus Prima Jasa. Kami sangat dikejar waktu karena pagi hari pukul 8.30 ada UTS. Selama perjalanan gw berdoa dan terus was-was karena takut ga bisa ikut ujian karena telat. Tapi Tuhan memang baik, kami akhirnya tiba di Depok pukul 7.00, jadi kami masih sempat ujian. Begitu sampe kampus temen-temen banyak yang komentar bahwa gw iteman hahaha..

12 Desember 2012
Pagi itu gw isi dengan belajar untuk persiapan UTS Psikologi Klinis di sore harinya. Materinya lumayan banyak tapi gw cukup pede ngerjainnya. Gw berangkat lebih awal supaya bisa nafas dulu sebelum ujian. Pas gw sampe kampus ternyata bertepatan dengan kelas Manajemen yang selesai ujian, dan gw pun ketemu sama temen-temen anak Manajemen, ada Anna, Ilham, Nana, Cynhtia dan tentunya si jangkung Heidy. Komentar merekapun sama, “ih Usber iteman..”
Pas UTS berlangsung gw sempet nengok kanan-kiri, bukan untuk nyontek melainkan untuk ngeliat kondisi aja. Ternyata banyak yang mukanya kayak kebingungan, tapi lucunya mereka selesai lebih awal dibanding gw hahaha..

13 Desember 2012
Sejak pagi sampe malem gw sibuk dikosan termasuk untuk nyuci dan beres-beresin kosan yang udah kayak kapal pecah. Kebetulan UTS esok harinya adalah salah satu ujian yang menurut gw bakal sulit. Beragam materi yang udah dikasih dosen gw baca dan gw pahami, ditambah lagi hasil googling. Pokonya selama materinya nyambung pasti gw akan baca.

14 Desember 2012
Pagi hari udah banyak banget temen-temen yang berkicau di twitter karena UTS ini, bahkan ada yang dateng lebih pagi supaya bisa belajar bareng. Walaupun materinya seabreg-abreg tapi tetep aja mereka bisa dengan tekunnya ngebaca dan komat-kamit untuk ngafalin. Beda dengan gw yang justru pusing kalo harus begitu. Walaupun gw ga paham sama semua yang gw baca, tapi faktanya ternyata gw lumayan bisa ngejawab soal-soal UTS itu, terima kasih Tuhan🙂

15 Desember 2012
Beberapa hari sebelumnya, temen-temen di kelas 1 PA 01 udah semangat minta untuk belajar bareng untuk UTS Psikologi Umum. Maklum aja karena mereka ini orang-orang baru di ranah ilmu psikologi, jadi banyak kebingungan yang dihadapi. Jadilah pagi itu sekitar jam 9 kami kumpul di gazebo kampus D. awalnya cuma ada 4 orang, tpai lama-kelamaan merekapun jumlahnya meningkat sampe belasan orang. Jujur gw seneng ngeliat sikap mereka terhadap ilmu yang mereka pelajari, ini menandakan adanya semangat didalam diri mereka untuk belajar psikologi.
Gw hari itu berperan sebagai tempat bertanya. Jawabannyapun ga melulu gw jawab langsung, ada beberapa pertanyaan yang kami diskusiin bareng.
Selesai UTS, merekapun kayanya bisa ngerjainnya.. syukurlah🙂

16 Desember 2012
Hari ini harusnya ada jadwal latihan bridge, tapi karena kita baru aja selesai lomba, jadi pelatih kami memilih untuk mengisinya dengan berdiskusi dan mengevaluasi tim kami agar kedepannya lebih baik. Di hari itu juga diadakan pembentukan susunan oraganisasi yang baru. Hari itu gw dipilih temen-temen sebagai ketua UKM bridge menggantikan Athur yang sudah lulus. Disitu juga gw sampaikan target yang harus kami capai bersama di tahun 2013 yaitu terbang ke Manila dan menjuarai turnamen di sana.

Lalu malam harinya kami adakan acara bakar ikan dan makan malam bersama.
161220121261
17 Desember 2012
Hari itu gw dapet tugas untuk jaga Sport Center kampus. Gw suka banget disini, selain karena gw emanga suka hampir semua olahraga, disini juga gw bisa internetan dengan kecepatan yang WOW. Hari itu banyak gw isi dengan cerita-cerita pengalaman selama di Bali ke temen-temen yang juga tugas di Sport Center.

18 Desember 2012
Setelah tertunda beberapa hari akhirnya gw nonton film fenomenal yaitu “5 Cm” yang diambil dari novel karya Donny Dirganthoro. Gw ga sendiri, hari itu gw bareng Heidy dan Cynthia. Harus diakui film itu emang luar biasa. Banyak scene yang bikin kami kagum dengan Indonesia. Hmm.. intinya film ini banyak memberikan pelajaran tentang persahabatan, cinta dan rasa bangga pada Tanah Air.
Selesai nonton kami ga langsung pulang, kami putuskan untuk makan siang dulu sambil cerita-cerita melepas kangen. Oh iya gw dan Heidy biasanya akan bilang “I miss you” dan dibalas dengan “I miss you too” di hari selasa. Tapi hari itu kami ga perlu ngucapin kalimat itu hahaha..
Selesai makan, kami ngobrol-ngobrol yang berujung pada curhat Cynthia tentang dirinya, dan diapun minta untuk “dibaca” karakter dan kepribadiannya lewat tes grafis sederhana. Setelah itu dia juga minta advice ke gw untuk beberapa masalahnya itu. Puji Tuhan dia memahami apa yang gw sampaikan. Melihat hal itu, Heidy-pun ikutan untuk melakukan hal yang sama. Hmm.. sebenernya ga perlu di tespun gw udah cukup mengenal dia, bahkan gw sebenernya agak enggan untuk melakukan tes grafis dan wawancara singkat ke dia karena gw tau dia akan mengekspresikan semua yang ada dihati dan pikiran dia. Tapi berhubung dia memintanya ya udah gw lakuin aja. Daaaannn… diapun menangis. Entah udah berapa kali dia nangis setelah curhat ke gw.
Hmm.. cuma bisa menghela nafas panjang..
“Kamu harus tau, sayang. Kalo aku bikin kamu nangis kayak gitu bukan berarti aku pengen kamu nangis. Aku cuma mau kamu tau bahwa kamu terlalu banyak mendam semuanya sendiri. Kamu harus percaya banyak orang yang mau bantu tiap masalah kamu. Termasuk aku, orang yang sayang kamu.”

19 Desember 2012
Hari itu ada ujian mata kuliah fenomenal lainnya, yaitu Psikologi Kognitif Sains. Kalo liat mata kuliah yang satu ini, baru liat pengertiannya aja udah pusing hahaha. Tapi lucunya kebanyakan temen dikelas gw udah tampak paham dengan materi-materi ujian ini, maka dari itu gw adalah yang tampak paling pontang-panting ngebaca materi ujian itu, bahkan sampai detik terakhir menjelang masuk ruang ujian gw masih baca-baca berharap bisa mengingat semua materi yang kebanyakan adalah teori-teori tokoh.
Ujianpun dimulai !!

Gw bener-bener stress, bukan karena ga ngerti, melainkan karena gw sulit menuliskan pemahaman gw kedalam kalimat-kalimat yang sesuai. Dan ketegangan gw makin meningkat pas gw nengok keluar kelas udah ada Bejong yang udah selesai ngerjain ujiannya, lalu satu-persatu temen-temen yang lain juga selesai. Aaaarrrrrgghhhhh…

Tapi pada akhirnya gw jawab semua pertanyaan itu semampu gw, Puji Tuhan gw ga mudah nyerah🙂
Sepulangnya dari ujian beberapa anggota SS pergi ke rumah Fe untuk ikut acara makan-makan dirumah Fe. Sedangkan Gw dan Aji ke kosan untuk main PS, sambil nunggu waktu main futsal sama temen-temen anak psikologi.

Sore harinya Aji ke lapangan futsal Golden Stick, sedangkan gw pergi ke Sport Center untuk main bulu tangkis sama Heidy dan kawan-kawannya. Biasanya kami main bulu tangkis jam 7 malem, tapi kali ini kami main jam 5 sore. Ternyata mereka semua lagi galau UTS hahaha.. bahkan kami akhirnya baru kelar main hampir jam 9 malem hahaha.. ada-ada ajah, galau UTS bukannya belajar malah main😛

20 Desember 2012
Pagi itu udah dibikin ribet sama sms dan whatsapp temen-temen yang curhat. Tapi gw bersyukur masih bisa dijadikan tempat bertanya, dan dari merekalah gw belajar banyak. Memang kita ga perlu mengalami semua hal untuk belajar lebih baik. Pengalaman orang lain akan memberi banyak pelajaran untuk diri kita.
Siang harinya gw ditugasin untuk jaga Sport Center, hmm.. hari itu kami cenderung lebih santai dari biasanya karena yang menggunakan lapangan ga sebanyak biasanya. Hari itu banyak gw isi dengan latihan bridge via BBO.

21 Desember 2012
Hari itu adalah yang spesial buat Heidy. Hari itu dia ulang tahun, kami para aslab dan staff iLab udah siap untuk ngasih kejutan buat dia. Entah disengaja atau nggak yang jelas hari itu gw dan dia dapet tugas jaga Sport Center dari siang sampe malem, sedangkan aslab lainnya ikut stress test di gedung iLab lantai 3.
Siang sebelum jam 1 dia dateng dengan dandanan yang cantik seperti biasanya. Tapi gw sama sekali ga ngucapin selamat ulang tahun ke dia saat itu. Baru lah pas kita sama-sama duduk di meja yang sama dan nyalain laptop masing-masing. Lalu kami sama-sama buka twitter dan facebook. Dengan bantuan wi fi super kenceng gw bisa upload sekejap foto ucapan selamat ulang tahun yang gw buat waktu di Bali.
Begitu dia klik tab “connect” muncul lah foto itu dan dia seneng banget saat itu🙂

Tapi sejujurnya gw ga bisa sendiri bikin kejutan untuk dia, jadi kamipun berencana untuk kasih kejutan ke dia dengan cara ngunci dia dikamar mandi pas dia selesai makan malem. Tapi sayang sekali karena ternyata rencana itu batal karena ternyata stress test-nya cepet kelar.

Akhirnya kami langsung aja bawa kue ulang tahunnya keruangan kami pas dia ke toilet, dan pas dia balik dari toilet kamipun semua langsung nyanyi buat dia. Ya memang sederhana sih, tapi yang penting dia seneng🙂
Camera 360

Camera 360

Camera 360

Camera 360

Camera 360
22 Desember 2012
Hari itu gw ada di rumah untuk menikmati liburan menjelang hari Natal. Bangun tidurpun jamnya ga kira-kira, Jam 9 pagi !!! hahaha..
Oh iya pagi itu rencananya gw mau ke dealer motor, mau beli motor baru ceritanyah ahaha.. tapi berhubung hari itu panas banget jadinya kami tunda dulu sampe sore, eh taunya sorenya malah ujan deres banget. Akhirnya gw pun berinsiatif nyari informasi harga motor di ber*****.com , begitu dapet harga dan motor yang cocok gw langsung nelpon orangnya dan bikin janji ketemu.

23 Desember
Keesokan harinya gw diskusi sama saudara gw dan akhirnya gw putuskan untuk ngebatalin beli motor second itu meskipun masih sebentar dipakenya.
Akhirnya gw dan kaka gw pergi ke dealer dan beli motor yang bisa dipake gw dan kaka. Ga girly dan ga sporty.. tengah-tengah deh kira-kira🙂
beat
24 Desember
Hari itu adalah perayaan Malam Natal. Sejak pagi gw udah sibuk, bukan sibuk untuk kerjja ataupun ngerjain tugas. Justru gw sibuk ngebersihin makanan-makanan yang ada di toples dan kulkas hahaha..
Jam 18.00 gw ikut misa Malam Natal di gereja Santo Matius Bintaro. Kebeulan gw duduk dideket tempat para diakon dan para putra-putri altar, jadi gw masih sempet ngeliat persiapan mereka sebelum bertugas di Misa Malam Natal.
Selesai Misa, gw langsung menuju Depok untuk ikut acara makan malem bareng Bridge Gunadarma di rumah Ka Effie.

25 Desember 2012
Jingle bell, jingle bell, jingle all the way !
Hari Natal tiba, suka cita dan kehangatannyapun makin terasa setelah banyak sms-sms dan telepon dari temen, kerabat dan saudara yang udah lama ga kontak-kontakan. Yang tadinya udah ga inget lagi siapa mereka, saat itu juga langsung terbayang lagi mukanya🙂
Oh iya pagi itu gw nganterin kaka dulu untuk terbang ke Medan. Hari itu kaka pulang ke kampung untuk 2 minggu lamanya. Iri sih sebenernya, tapi mau diapain lagi gw masih ada ujian dan tugas yang menanti. Akhirnya Natal tahun ini gw lewati cuma dengan kerumah saudara yang jaraknya ga terlalu jauh dari rumah.
Pengennya gw sih Natal tahun depan bisa lebih rame lagi, mungkin Natal tahun depan gw bisa pulang kampung sekalian menetap disana, kan perkiraan gw tahun ini udah lulus kuliah hhehehe.. amin..

26 Desember 2012
Pagi itu gw udah siap-siap menuju kampus, karena dirumah juga sendiri jadi gw pikir mendingan gw ke kampus aja. Kebetulan Sport Center udah buka, jadi gw kesana aja. Setelah berhuru-hara disana gw pun pulang dan langsung belajar untuk persiapan UTS esok harinya. Malem itu gw dan Seto awalnya tekun banget belajar, tapi lama-lama gw telap dan ketiduran. Sedangkan Seto masih rileks dengan modul dari dosen.

27 Desember 2012
Ujian hari ini bener-bener penuh teka-teki karena boleh dibilang mata kuliah grafis itu lebih asik dipelajari lewat praktikum dari pada teori. itulah alasan gw lumayan santai pas belajarnya. Tapi petaka terjadi pas ujian ternyata ada soal yang bikin bingung hahaha.. gw sempet khawatir karena gw ga bisa jawab soal itu dengan tepat, tapi ternyata semua temen sekelas gw pada ga bisa juga hahah
Waktu gw dikosan Aris ngabarin band dia mau manggung di Tangerang pas malem tahun baru dan sebelumnya mereka mau main kerumah gw dulu sambil nunggu jadwal manggungnya. Tanpa berpikir lama gw langsung mengiyakan aja.

28 Desember 2012
Bertubi-tubi sms dan telepon berdatangan ke hp gw untuk ngajakin ngerayain tahun baru bareng. Ini adalah tahun keempat gw ngerayain tahun baru nggak bareng Orang tua, padahal biasanya kalo dikeluarga batak itu ada semacam kebiasaan untuk ngerayain tahun baru bareng keluarga besar.
Sore hari gw isi dengan jalanin tugas sebagai administrator Sport Center. Seperti biasanya di hari jumat ada latihan rutin tim basket Gunadarma. Kebetulan disini banyak anak basket yang gw kenal dan sebaliknya banyak anak basket yang kenal gw, jadi ga heran kalo kami sering bercanda-canda kalo lagi check in-check out.🙂

Malam harinya gw pergi ke tukang pecel lele dan mendapati ada beberapa pengunjung warung nasi goreng yang masih muda dan sedang asik berdiskusi tentang kuliahnya. Walau ada banyak hal yang gw denger dari mereka yang gw ga ngerti tapi gw bisa ambil kehangatan dan kebanggaan mereka dengan ilmu yang sedang mereka tekuni. Itu jadi gambaran dan contih buat gw dalam menghadapi perkuliahan yang ga ada bosennya bikin gw pusing hahah🙂

Malam itu gw cuma sibuk dengan komputer dan imajinasi. Gw coba lanjutin cerita fiksi gw yang dulu pernah gw tulis tapi berenti ditengah jalan karena kesibukan yang gw jalanin dikampus. Berat banget gw untuk nuangin semua ide yang pernah gw tulis, karena ternyata bener ide itu hanya akan mengalir di suasana hati tertentu, ga bisa dipaksa.

29 Desember 2012
Pagi hari gw masih ngelanjutin cerita fiksi gw, sampai siangnya gw ngantuk dan ketiduran sampe sore. Malam harinya gw isi dengan main PS sampe ngantuk sambil sesekali ganti channel tv nonton liga inggris.
30 Desember 2012
Hari itu gw banyak abisin waktu dengan make motor untuk iseng-iseng aja. Keliling ke sekitar rumah sampai ke sekolah gw waktu SMP dulu. Ternyata bentuknya udah beda banget dibanding waktu dulu gw masih sekolah disana. Sayangnya di sana lagi ga ada kegiatan belajar-mengajar karena lagi libur semester ganjil.

31 Desember
Pagi itu gw dibangunin sama suara sms yang dateng dari Widi. Dia ini adalah Bassist band Loyal. Sesuai rencana mereka akan dateng untuk menunggu jadwal manggung di Tangerang untuk malam pergantian tahun. Pagi itu Widi dateng sama pacarnya, Rahma. Kebetulan Widi ini rumahnya agak jauh dari anggota band-nya yang lain. Kalo yang lain tinggal disekitar Depok, nah kalo Widi ini tinggal di Salemba.
Pagi itu kami bertiga iseng-iseng tes kepribadian dengan tes grafis, walaupun ga terlalu formal tapi lumayanlah bisa sedikit ngasih gambaran. Widi banyak banget nanya tentang kepribadian dirinya, sepertinya dia sangat tertarik dengan dunia psikologi hehehe🙂
Menjelang siang Widi dan Rahma nyusul temennya yang lain yang udah sampe di City Mall Tangerang untuk check sound. Sayangnya ditengah jalan motor yang mereka naiki bannya bocor jadi mereka batal check sound dan merekapun lanjutin perjalanan pulang kerumah mereka di Jakarta.
Siang harinya giliran rombongan temen gw yang lainnya di Loyalband dateng. Ada Aris, Yusa dan Nadia dtiambah lagi dua orang perempuan cantik yang baru pertama kalinya kami ketemu, Fathia dan Lia. Ga lama setelah sampe kami langsung main PS, sedangkan yang cewenya cuma nontonin doank. Sementara itu si Nadia nampaknya udah ngantuk capek dan ngantuk banget, akhirnya diapun pili untuk tidur. Pas mereka main PS gw sempetin bikin makan siang buat mereka. Nah, ada kejadian lucu pas kami mau makan siang. Nadia susah banget dibangunin, badannya kayak kaku dan kupingnya kaya kesumpel sampe dia ga bisa bangun. “De, bangun de.. ayo makan.” Berkali-kali gw bangunin dia tapi dia ga bisa bangun, bahkan kami semua akhirnya turun tangan untuk bangunin dia dan ga ada satupun yang berhasil. Kamipun nyerah dan ninggalin dia dalam keadaan tidur. Sore hari Nadia baru bangun dan manja sekali. “Mau makan mie ayam yang itu” dia bilang gitu pas kebetulan ada tukang mie ayam yang lewat. “Mau pake sambel..” , tadinya gw pikir dia ga suka pedes makanya ga gw pakein sambel. “Mau tissue donk bang..” “bla..bla..bla..” ah cerewet bangetlah pokonya ade gw ini -_-
Selesai makan Nadia langsung gw ajakin main congklak, tapi baru sebentar Nadia megang udah direbut ama Yusa, akhirnya Yusa sama Fathia deh yang mainin congklaknya, sedangkan gw sama Aris jadi nyanyi-nyanyi aja. Oh iya tetangga gw taunya gw ini adalah seorang yang pendiam makanya merekapun heran pas gw dan temen-temen hari itu nyanyi-nyanyi dan berisik banget. Lia sedari awal jarang ngomong dan dari tadi cuma numpang ketawa aja tiap ada yang lucu. Hahaha

Malam hari Widi dan Rahma dateng, kedatangan mereka menambah berisiknya kami semua. Banyak lagu yang kami nyanyiin bareng dan seperti biasa bakalan kami plesetin lirik lagu-lagunya. Sesekali gw sendiri ga tahan nahan ketawa sama plesetan yang kami bikin sendiri. Hahaha
Mereka juga ga lupa untuk janjian bakal gimana dipanggung nanti. Khas banget dah obrolannya anak band, gw cuma bisa mengamati doan😀

Sekitar jam 22.30 kamipun berangkat menuju City Mall Tangerang untuk konser pergantian tahun. Gw pilih untuk naik motor aja sama kayak Widi dan Rahma, sedangkan yang lainnya barengan naik mobil yang dari tadi pagi udah mereka pake.

Begitu sampe di lokasi Aris, Nadia, Widi dan Yusa bersiap untuk perform, kebetulan mereka jadi band penutup malam itu.
Malam tahun baru tiba, kembang api bersahutan bergantian dengan dering handphone yang ngucapin selamat tahun baru.
Setelah luncuran kembang api membahana konser penutuppun dimulai. Loyal band bawain 4 lagu, 1 lagu adalah lagu mereka sedangkan 3 lainnya adalah lagu dari band lain yang udah populer .
A_gfP8XCMAIf4xk

A_gf5idCUAA2wAe

A_gj9gUCMAAUUdP

A_gjbt-CQAA6hEk

A_ghMyoCMAAEmyO

A_ge6SOCUAA6Jg2
Setelah konser selesai kamipun berkumpul dan berdoa mengucap syukur. Setelah itu kami pulang ke rumah masing-masing.
Selamat Tahun Baru !!!!
Semoga semua resolusi tahun ini tercapai🙂

2 responses

Tinggalkan Balasan

