Biggest memory of Indonesia XI Vs Liverpool

Sekarang udah jam 00.30, gw belom ngantuk. Daripada bengong yaudah gw mau cerita aja dah..

Tanggal 20 Juli 2013 adalah hari bersejarah buat sepakbola Indonesia dan Liverpool.Kedua tim idola gw ini bertanding di stadion Gelora Bung Karno dalam rangkaian tur Asia tim Liverpool. Secara kebetulan juga temen kosan gw si Seto ulang tahun. So, ini jadi hadiah ulang tahun yang mahal banget pastinya buat dia. Congrats, bro !

Oke, berhubung ini blog pribadi gw ya udah gw ceritainnya dari persepektif gw aja lah ya.

Awalnya gw udah sempet pasrah ga bisa nonton pertandingan ini langsung di stadion karena faktor keuangan gw yang lagi seret. Tapi sejak minggu lalu gw putuskan untuk nonton langsung. Gara-gara udah sebulan lebih kelamaan mikir akhirnya gw ga bisa gabung sama The Kop Bintaro, dan parahnya lagi gw ga punya temen ke stadion bareng. Tapi namanya udah niat nonton yaudah gw cuek aja beli tiket tanpa temen.

Pagi harinya sengaja gw pantengin akun-akun Liverpool fans club. Gw kaget karena ternyata menurut akun-akun itu tiket udah sold out alias laku semua alias ludes. Gw kecewa banget sama kejadian ini, nyesel rasanya ga beli tiket via online. Selain dari akun fans club gw juga dapet kabar tiket abis dari beberapa temen gw yang juga belom beli tiket. Dan ternyata sumber informasi yang dia pake juga dari akun-akun fans club. Kesimpulannya akun fans club akalah penyebab ada beberapa banku tribun yang kosong

Beda halnya dengan beberapa temen gw yang langsung males nyari info lebih tentang tiket ini. Gw masih bersih kukuh dateng langsung ke stadion untuk mastiin apa bener tiket udah sold out. Sekitar jam 11 siang gw sampe di Senayan dan langsung menuju loket penjualan tiket dekat gerbang pintu IV. Beruntung karena dugaan gw bener, tiket masih dijual. Yang ngantri lumayan banyak, tapi sayangnya calo tiketnya juga banyak. Entah karena lagi banyak puasa atau apa, pokoknya banyak orang yang tadinya antri lama-lama mereka menyerah dan beli dari calo dengan harga yan gpasti lebih mahal.

Setelah 1 jam ngantri petugas ngasih pengumuman bahwa tiket ketegori 1, 3 dan 6 udah abis. Semua orang yang ngantri langsung panik, termasuk gw. Tapi beruntung tiket kategori 7 alias upper tribun masih ada. Niat awal mau beli tiket kategori 6 karena harganya masih bisa gw jangkau. Setelah ngantri sekitar 2 jam akhirnya gw dapet tiketnya, gw beli 3, 2 tiket lain untuk Endi dan adenya.

Setelah dapet tiket gw langsung menuju Salemba untuk latihan bridge sekitar 4 jam.

Jam 18.30 gw udah balik lagi ke Senayan. Astaga parkiran motor susah minta ampun, jalanan penuh sesak sama orang yang juga mau masuk stadion. Jalan sepanjang pintu masuk sampe lingkar dalam stadion penuh dengan orang-orang beratribut Liverpool. Gw yang saat itu masih make kostum Chelsea buru-buru nyari atribut Liverpool di pedagang-pedagang dadakan disekitar stadion. Salah satu penjual sempet bercanda ke gw, “Wah, kayanya si Mas-nya salah hari nih ya, Chelsea kan tanggal 25 mainnya.. hehe”

Setelah beli baju, syal dan stiker pipi Liverpool selanjutnya gw menuju pintu 4 untuk ketemu Endi dan adenya. Setelah telpon dalam keadaan super bising disekitar stadion itu akhirnya kita ketemu di gerbang pintu 1. hahah.. koplak banget emang mereka berdua !

Pas masuk ke dalem stadion kami bertiga kepisah karna saking ramenya !

Dari sejak sebelum masuk stadion suara chants khas Liverpool udah kedengeran.. Riuh gemuruh terus kedengeran sepanjang malem itu di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Meskipun orang dikanan – kiri gw bukanlah orang yang gw kenal tapi kami semua bisa membaur bersama-sama nyanyi dan neriakin yel-yel buat Liverpool dan tim Indonesia XI. Ya benar, kami kesana bukan cuma untuk dukung Liverpool tapi juga untuk kasih dukungan buat tim proyeksi tim nasional Indonesia.

Lagu Indonesia Raya berpadu merdu dengan You’ll Never Walk Alone membuka pertandingan malam itu. Seolah kami punya dua kewarganegaraan hehehe

Sepanjang pertandingan berlangsung gw secara pribadi lebih sibuk ngikutin chants Liverpool daripada nonton pertandingan itu..

Beberapa kejadian selama pertandingan yang bisa gw tonton diantaranya adalah ketika Coutinho nyetak gol dari hasil nyerobot bola dari kaki pemain belakang Indonesia. Ada juga momen dimana kami semua langsung berteriak dan tepok tangan tiap kali Gerrard bawa bola dan ambil tendangan sudut di sudut kanan gawang.

Sebagian besar dari kami lebih memilih bernyanyi dan bersorak daripada membunyikan terompet, sesuai kesepakatan komunitas kami yang udah disebar lewat sms maupun jejaring sosial. Maka gak heran tiap kali kedengeran suara terompet maka orang yang bunyiin terompet itu mendapat semacam punishment dari kami dengan cara menyoraki orang itu dan juga sesekali kami nyanyi “Terometnya buang.. terompetnya buang..” dengan nada lagu “Dua Lima Jigo.. Dua Lima Jigo..”

Kami juga sebelumnya sudah menyepakati untuk tidak menyalakan red flare sepanjang pertandingan berlangsung. Sayangnya red flare masih aja menyala di sela-sela pertandingan berlangsung. Tapi kami tetap meneriaki agar flare dimatikan.

Secara keseluruhan pertandingan itu gw nilai cukup ketat dan seru, apalagi pas babak kedua Sterling dimasukin. Pertandingan jadi lebih cepat dan atraktif. Sementara itu Indonesia dapet beberapa peluang dari Tibo yang malem itu positioning-nya bagus banget.

Setelah peluit panjang dibunyikan dengan skor akhir 0 – 2 untuk kemenangan Liverpool lewat gol Coutinho dan Sterling, kami ga langsung bubar. Kami semua masih berdiri di stadion. Kami baru keluar stadion setelah Tim Liverpool dan Indonesia XI berkeliling lapangan untuk memberikan salam tanda penghormatan kepada seluruh fans. Gerrard yang memimpin langsung tiny rounding parade itu.

Rounding Parade

Rounding Parade

Oke begitulah cerita dari gw. Semoga diwaktu mendatang gw masih bisa liat pertandingan Liverpool lagi, kalo bisa sih di Anfield ! amin🙂

Tinggalkan Balasan

