Hitam Putih , Edutainment Tv Show

Hitam Putih sebuah tv show yang menurut saya pantas disebut sebagai Edutainment tv show. Tapi sekarang sudah berakhir karena kalah bersaing dalam hal rating yang mungkin kita tidak akan pernah tau validitasnya.

Sejujurnya saya bukan penikmat acara pertelevisian, hanya beberapa channel dan program tv yang saya tonton. Mungkin bisa dihitung dengan jari. Alasannya sederhana saja karna sulit sekali menemukan tayangan yang berkualitas, bahkan sudah sejak 10 tahun lalu boleh dibilang tayangan televisi yang paling saya suka adalah iklan. Betul sekali iklan, karena banyak iklan yang memperlihatkan kreatifitas yang terkadang membuat saya tertawa terbahak-bahak.

Sekitar 2 tahun terakhir ketika kuliah mulai santai saya lihat ada Deddy Corbuzier membawakan acara bernama Hitam Putih. Saya pikir ini acara sulap seperti yang biasa dibawakan Master Corbuzier, tapi ternyata saya tertipu. Hitam Putih adalah talk show yang hangat dan edukatif. Sejak itu bila ada waktu saya sempatkan menonton Hitam Putih, tapi kalau bintang tamu dan temanya tidak menarik maka saya pastikan tv akan saya matikan.

Beberapa favorit saya diantaranya ketika Zaskia Gotic menceritakan kisah cintanya yang kandas. Disana terlihat sekali pribadi seorang Deddy yang biasanya terlihat galak ataupun sombong saat itu berubah menjadi lembut dan selayaknya seorang psikolog dia mampu menempatkan posisi agar Zaskia tetap tegar dan mau meneruskan tayangan hari itu. Lalu ketika episode Deddy membawa mantan istrinya ke studio dan memberikan sebuah pendidikan kepada masyarakat mengenai perceraian yang tidak selalu bermakna negatif.
Cerdas sekali Master Corbuzier dalam memberikan edukasi kepada masyarakat. Thanks Master !

Kemudian dipertengahan tahun 2013 Master Corbuzier menggemparkan Indonesia dengan OCD-nya. Pakar gizi, pakar kebugaran, dokter dan lain-lainnya berbondong-bondong menyerang melalui berbagai media, tapi Master tetap mampu melayani komentar-komentar miring tersebut bukan hanya dengan kata-kata melainkan juga dengan bukti-bukti ilmiah dan menghadirkan dokter sekaligus pakar anti aging sebagai partner agar masyarakat semakin yakin. Dan yang paling hebat dari itu semua adalah masyarakat dapat menikmati suguhan dari Master secara gratis melalui Hitam Putih dan website secara gratis. Bahkan tidak lama kemudian website itu bermetamorposis menjadi forum bagi pelaku OCD.

Saya sangat berterima kasih kepada Master karena telah membantu Indonesia menjadi lebih cerdas dan sehat baik jasmani maupun rohani. Sejak OCD diperkenalkan saya langsung ikut menjalankan dan hasil yang saya dapatpun sangat luar biasa, berat badan saya turun 23 kg. Selain itu fisikpun semakin prima. Bahkan orang-orang yang tadinya ragu dengan OCD menjadi yakin setelah melihat diri saya.
My OCD Result
Sempat saya sekali diundang tim Hitam Putih untuk hadir ke studio untuk menunjukan hasil OCD saya ketika itu pada tanggal 20 Agustus 2013, tapi saat itu saya memutuskan untuk tidak duduk ditengah (posisi dimana kamera akan selalu stand by), karena asih malu. Ya saat itu saya baru turun 10 kg dan badan saya masih gemuk.

Beberapa waktu lalu jam tayang Hitam Putih sempat bergonta-ganti, saya yakin ada yang tidak beres dengan hal itu. Kemudian belakangan terungkap bahwa acara ini kalah share dan rating dengan acara tv lain yang menurut akal sehat saya itu sangat janggal.

Sekitar 2 pekan sebelum kesudahan Hitam Putih acara ini menjadi sangat aneh dengan menghadirkan sosok Farhat bahkan ada satu segmen khusus dimana pemirsa terpaksa menonton Farhat berceloteh yang menurut saya lebih banyak ngawurnya daripada benarnya. Bersamaan dengan itu diadakan pula satu segmen bernama “Are You Smarter Than Me”, dimana Master akan melawan orang yang merasa lebih pintar dari dia dalam hal pengetahuan umum. Farhat menjadi lawan pertamanya kala itu, dan ternyata arhat menang.

Pada tanggal 14 Januari 2014 saya datang ke studio untuk ikut kuis itu, tapi sayang ternyata saya kalah cepat dari Master. Tapi bukan itu sebenarnya tujuan utama saya, melainkan saya ingin sekali berfoto bersama Master, karena saat itu saya merasa acara Hitam Putih memang akan berakhir dalam waktu dekat.

Are You SmarterThan Me

Are You SmarterThan Me

video lengkapnya klik disini

Oh iya saya mau mencoba menceritakan apa yang saja yg terjadi hari itu, ya boleh dibilang behind the scene-nya lah hehe
Jam 5.00 sore saya berangkat dari rumah saya menuju studio Hitam Putih, setelah menempuh hujan dengan sepeda motor akhirnya saya sampai sekitar pukul 7.00 malam. Studio masih sepi tapi saya memilih duduk di studio daripada diluar karena masih ramai dengan penonton yang baru saja selesai menonton OVJ.

Crew sedang berkumpul diruangan itu, sepertinya mereka sedang membicarakan kehidupan mereka karena ada istilah-istilah mereka sebutkan yang saya tidak paham. Tapi perbincangan mereka makin janggal ketika ada yang membicarakan masalah “pindah tugas”, tapi yang jelas ada diantara mereka yang menyebutkan salah satu program acara yang akan dia tempati nantinya. Firasat saya semakin kuat bahwa Hitam Putih akan segera berakhir.

Sekitar pukul 8.30 saya menjalani tes singkat untuk mengikuti kuis Are You Smarter Than Me, saya diberi pertanyaan sebanyak 15 kali dan berhasil menjawab sekitar 11 atau 12. Jadilah saya dipilih untuk melawan Master Corbuzier dan peserta lainnya yaitu Pak Halim. Singkat cerita Master menang. Menyenangkan sekali melihat sosok Master Deddy yang tampak sangar tiap kali di layar kaca tapi saat break dia selalu terlihat ramah pada semua penonton maupun tamu saat itu, tapi lucunya saat break dia tidak menegur ataupun mendekati Farhat hehe

Sebenarnya bukan hanya Master Deddy yang punya andil besar di Hitam Putih, melainkan Mas Anu, Billy dan semua crew. Saya lihat sendiri mereka tidak hentinya bekerja saat siaran itu berlangsung, bahkan saat break. Mas Anu selalu memaikan jarinya dengan mengikuti atmosfer saat itu, Bang Billy yang mulutnya selalu menempel di mic sambil menirukan alat-alat musik ala beatbox.

Usai acara Hitam Putih malam itu saya langsung meminta izin kepada salah satu crew untuk meminta foto bersama Master Deddy, tapi dia bilang nanti saja dibelakang panggung, karena Master harus istirahat terlebih dahulu diruangannya. Akhirnya sayapun menunggu di depan ruangan Master Deddy, sesekali crew menyapa saya untuk berpamitan dan menyemangati saya yang sedang menunggu hehe..

With Anu & Billy

With Anu & Billy

Sayang sekali 30 menit sudah waktu berlalu ternyata Master belum keluar juga, akhirnya saya putuskan pulang saja karena mungkin memang Master Deddy sudah benar-benar lelah. Gak apa-apa deh masih ada lain kesempatan.. hehe

Hitam Putih, sebuah tayangan yang bisa membuat kita menjadi bahagia, sedih, terharu dan bangga diwaktu bersamaan. Pada akhirnya Master Deddy memilih mundur teratur daripada mengorbankan idealismenya.Walaupun masyarakat terpaksa kehilangan salah satu tayangan edukatif setidaknya Master Deddy dan Tim Hitam Putih sudah memberikan yang terbaik. I trust in you, Master !

Warm Regard
Usber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s