Bahagia itu sederhana, ketika kita bisa berguna buat orang lain :)

Banyak orang yang bercita-cita tinggi menjadi ini ataupun itu, tapi banyak diantara mereka yang lupa bahwa tujuan akhir dari cita-cita itu adalah kebahagiaan buat mereka sendiri. Mereka rela melakukan ini-itu demi sesuatu yang mereka sebut cita-cita sampai mereka lupa untuk berbahagia untuk mencapainya.

Tiap orang punya caranya sendiri untuk bahagia, ada yang pergi ke tempat hiburan, ada yang membeli barang yang mereka suka, ada yang memanjakan diri pergi ke tempat hiburan, ada yang traveling, dan ada yang cukup dengan tidur di rumah. Terserah.. gak ada yang ngelarang🙂

Lalu apa yang jadi sumber bahagia gw ?

Gw akan bahagia ketika diri gw bisa berguna buat orang lain.

Kedengerannya memang klise, tapi itulah yang gw rasakan. Ketika ada orang lain yang mengucapkan terima kasih, saat itulah gw merasa bahagia.

Terkadang hal sepele yang kita perbuat ke orang lain punya manfaat besar buat dia, jadi jangan pernah berpikir bahwa berbuat baik harus ngelakuin hal besar atau memberi hadiah mahal. Kadang hanya dengan ngasih tau pukul berapa sekarang udah cukup berguna buat orang lain yang saat itu gak make jam.

Gw sangat suka membantu orang lain, apapun bentuknya. Sejauh ini  yang paling memungkinkan adalah ngebantu ade kelas. Siapapun itu, asalkan orangnya mau belajar maka gw akan bantu semaksimal mungkin. Hal ini udah gw lakukan sejak gw SMA, sejak gw udah mulai bisa “berpikir”

Kenapa harus ade kelas ? Mau modus ya ??

No ! sama sekali nggak.. gw belajar banyak dari apa yang dilakukan oleh kakak dan abang gw. Mereka banyak ngebantu gw dalam belajar, terutama abang gw yang sejak SD, SMP dan SMA selalu sama sekolahnya. Dia yang banyak kasih saran karena dia tau persis karakter guru dan pelajaran yang akan gw terima. Boleh dibilang semacam bocoran sebelum gw menghadapi sekolah. Apa yang dilakukan abang dan kakak sangat membantu gw dapetin hasil yang baik di sekolah. Hal itulah yang ingin gw lakukan ke ade-ade kelas gw.

Sekarang ini ada beberapa mahasiswa yang bisa gw bantu dalam nyelesaiin tugas kuliahnya. Dari itu semua ada sedikit yang ternyata beda jurusan sama gw, tapi gak masalah karena gw akan jujur kalo ternyata gw gak ngerti. Dan mereka biasanya akan memaklumi..

Ok, sekarang gw mau ceritain beberapa yang udah gw coba untuk bantu nemenin mereka ngerjain tugas kuliahnya..

Galih (Sarmag Psikologi UG 2012)

Dia adalah mahasiswa program Sarjana Magister Psikologi UG, program akselerasi dimana Cuma butuh 4 tahun untuk lulus S2. Kami kenal pertama kali saat gw ngulang mata kuliah Psikologi Umum di kelas dia. Anak ini lucu, karena tiap nanya pasti akan ada ucapan permintaan maaf. Mirip kayak Ma Inah di film Bajaj Bajuri.. “Ka maaf ganggu..” “Maaf kak, aku mau tanya..” dsb haahaahaa. Gw suka sama anak ini karena dia cepat menangkap apa yang gw sampaikan, gak perlu mendetil, cukup ngasih pengantar maka dia akan ngerti. Tahun lalu ketika ada penjurusan utnuk masuk program Sarmag atau reguler, dia minta saran dari gw. Dan saat ini dia bisa diterima di program Sarmag.

Galih

Elsa (Psikologi UG 2011)

Kami pertama kali kenal saat gw ngulang kelas Psikologi Klinis di kelas dia. Kalau ade kelas gw yang lain biasanya diskusi ke gw masalah mata kuliah tertentu, nah kalo Elsa diskusi sama gw untuk ngerjain penulisan ilmiah (PI). Kebetulan dia dapet dosen pembimbing yang teliti, jadi butuh kerja ekstra untuk nyelesaiinnya. Elsa ini orang yang rela dateng nyamperin gw ke tempat kerja untuk diskusiin PI. Seringkali banyakan ngobrolnya daripada diskusiin PI-nya. Tapi sejujurnya itu adalah usaha gw supaya dia gak terlalu stress sama tugasnya itu. Gw kenal sama dosen pembimbingnya, dan suatu ketika ada momen dimana dose pembimbingnya bilang sendiri ke gw untuk bantu yang PI-nya belum kelar, setidaknya kasih semangat ke mereka. Puji Tuhan gak lama sejak itu PI-nya Elsa udah selesai dan tinggal nunggu jadwal sidang aja.🙂

IMG_20140727_133128

 

Brenda Marsella (Manajemen UG 2013)

Kami pertama kali kenal di lab komputer tempat gw kerja, obrolan pertama gw dan dia adalah ketika dia ngeluh komputer yang dia pake error. What a stupid moment..🙂

Dia adalah orang yang sejauh ini paling percaya bahwa gw bisa apa aja. Dia gak ragu nanya ini-itu tanpa peduli gw ini siapa. Padahal dia tau gw ini anak psikologi, tapi yang dia tanya kebanyakan tentang tugas yang berhubungan sama TI. Selain itu dia juga pernah nanya tentang bengkel mobil, steam dan lain-lain yang selalu bikin gw ketawa dalem hati karena heran sama pertanyaannya.

Selain masalah kuliah, dia gak ragu untuk nanya-nanya masalah kesehatan. Suatu ketika mata dia iritasi lebih dari seminggu. Puji Tuhan kondisi matanya membaik setelah gw sarankan untuk kompres mata pake teh hijau.

Dia juga terbuka sama gw untuk urusan pribadinya, yang dia gak akan ceritain ke orang lain. Sepertinya dia yakin banget bahwa gw akan jaga baik-baik apa yang dia ceritain itu. Yes, I do.

IMG_20140727_133111

 

Alicia (Sarmag Sistem Informatika UG 2010)

Kami pertama kali ketemu tahun 2012 saat dia terpilih sebagai asisten lab di tempat gw kerja. Dia ini selalu ceria, kapan aja dimana aja. Yang bikin dia beda dengan ade kelas yang lain adalah dia ini tidak pernah bahas masalah perkuliahan. Maklum aja dia ini pinternya keterlaluan, makanya diterima di program Sarmag.

Kami lebih sering diskusi masalah kehidupan sehari-hari, cerita tentang hal-hal ringan ataupun nyari solusi dari suatu masalah. Dia suka minta saran untuk nyelesain masalah lewat perspektif psikologi yang gw pahami. Pokonya tiap kali ada hal yang perlu diceritain atau ditanya maka dia gak akan ragu untuk disampein. Misalnya suatu ketika dia tiba-tiba nanya arti kata “Valley”. Sebenernya gampang aja, dia tinggal buka kamus dan beres, tapi dia lebih milih nanya ke gw.

Kami itu akrab banget, saking akrabnya kami punya panggilan akrab satu sama lain. Dia panggil gw Oppa, bahasa Korea yang artinya Abang, sedangkan gw panggil dia Xiao Jie / Jie-jie, bahasa Mandarin yang artinya Ade.

Dia itu salah satu orang yang inget ulang tahun gw.. dan tahun ini dia ngucapinnya dengan cara ngerekam lagu selamat ulang tahun pake bahasa Korea yang dia nyanyiin sendiri. So sweet😉

IMG_20140727_133036

 

Irma (SI UG 2010)

Yang terbaru dari semuanya adalah Irma, dia adalah temen Alicia. Baru seminggu ini kami kenal. Ada beberapa ade kelas yang sama sekali belom pernah gw temui di dunia nyata. Mereka biasanya dapet rekomendasi dari dosen atau temennya. Nah Irma ini salah satu orang yang sama sekali gak pernah gw temui di dunia nyata.

Dia ini lagi sibuk-sibuknya ngerjain skripsi. Kebetulan skripsi dia berhubungan sama dunia psikologi, lebih spesifiknya tentang prosedur adopsi anak. Makanya walaupun kami beda bidang, gw tetep bisa bantu dia. Untungnya anak ini cepet paham sama yang gw jelasin. Semoga skripsinya cepet tuntas.. Amin🙂

IMG_20140727_132947

 

Masih banyak lagi yang belum gw sebut namanya dan ada juga yang gw gak tau namanya. Mereka semua anak baik yang harus dapet temen untuk diskusi, berbagi cerita dan ngelepas uneg-uneg supaya mereka tetep jadi anak baik. Bagi gw mereka adalah sumber bahagia, akan gw jaga sampai kapanpun.

Warm Regard,

Usber

Tinggalkan Balasan

