2 Bulan Jadi Pegawai :)

Gak terasa udah 2 bulan gw menjalani tugas sebagai karyawan di PT Post Energy Indonesia. Banyak hal yang gw pelajari ditempat ini, terutama masalah manajemen dan tanggung jawab. Di sini gw bisa liat bahwa tiap kepala punya tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda tapi saling terikat satu sama lain, sama kayak organ dalam tubuh manusia, mereka punya tugas masing-masing untuk bisa menjaga kestabilan tubuh manusia.

Ditulisan gw sebelumnya udah gw ceritakan bahwa gw di tempat ini bekerja bukan sebagai HRD, melainkan MT, yang artinya gw akan berpindah-pindah departement secara berkala. Di awal masa tugas ini gw ditempatkan untuk departemen human resource service(HRS), yang tugasnya dikhususkan pada pelayanan kebutuhan perusahaan, semisal ketersediaan logistik, IT support, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kenyamanan kerja. Di departemen HRS ada beberapa divisi yaitu General Affair, Legal and Permitt, HRD dan HSE. Gak bisa dijelaskan secara spesifik apa tugas di divisi HRS ini, yang jelas dari semua divisi, HRS adalah yang paling banyak job desc-nya. Di awal gw sempet bingung karena apa yang gw kerjakan benar-benar umum, dan tidak terprediksi. Gw sempat merasakan membereskan gudang yang memang berantakan, lalu membuatkan sistem pencatatan aruskeluar masuk ATK, membuat design pamflet untuk keperluan sponsorship ke sekolah yang mengadakan event, dan yang paling aneh adalah ketika membuat rak untuk tempat perangkat server komputer. Kalau diliat dari apa yang gw kerjakan saat itu memang jauh dari kualifikasi gw sebagai seorang S1 psikologi, bahkan di hari-hari awal ada karyawan lain yang mengira gw adalah office boy, sampai akhirnya mereka melihat gw mengurusi perangkat komputer. Saat melihat itu ada beberapa yang mengajak ngobrol lalu bertanya, “Mas, tadinya kerja dimana ?” lalu gw jawab, “Di Gunadarma, di lab komputernya..”, kemudian mereka merespon positif dengan berkata, “Oh Gunadarma, pantesan ngerti beginian.”

Entah karena omongan dari mulut ke mulut atau bukan, pokoknya sejak saat itu temen-temen karyawan lain mulai mengenal gw bukan lagi sebagai OB, heheh..

Lalu seolah untuk menegaskan bahwa gw bukan OB, manajer gw, Pak Candra, beberapa kali mengajak gw dalam meeting, baik di internal departemen maupun dengan direksi. Boleh dibilang inilah cara perusahaan mendidik gw sebagai MT di tempat ini, lewat diskusi-diskusi mengenai internal perusahaan.

Sekitar 2 minggu kerja di sini, manajer memberikan tugas untuk melakukan pendataan aset perusahaan PEI yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini bener-bener gak terbayang dalam pikiran gw, kerja macam apa ini dan apa yang bisa gw lakukan untuk hal ini… ?

Manajer ternyata punya rencana lain agar gw cepat paham dengan tugas gw tersebut, bulan lalu gw ditugaskan ke Jawa Timur untuk melakukan kalibrasi flow meter milik PEI yang di tiga stasiun kereta, yaitu Madiun, Kertosono dan Kediri. Gw ditugaskan ke sana seorang diri untuk kemudian direncanakan bertemu dengan perwakilan dari PT KAI dan Pertamina Patra untuk melakukan koordinasi. Banyak pengalaman selama di Jawa timur yang akan gw ceritakan di tulisan gw yang lain.

Lewat penugasan ke Jawa Timur, gw menjadi paham apa yang harus gw kerjakan dalam pencatatan aset ini, setidaknya gw sudah bisa membayangkan bagaimana pemetaan aset PEI yang ada di seluruh Indonesia.

Awalnya gw berpikir ini adalah proyek kecil, karena judulnya adalah pendataan aset, tapi setelah menjalaninya gw baru sadar ini adalah proyek besar, karena belakangan gw baru tau dari manajer procurement, bahwa proyek ini sudah direncanakan sejak beberapa tahun belakangan ini. Lalu proyek ini semakin terasa besarnya ketika ada meeting dengan manajemen perusahaan yang khusus membahas hal ini. Meeting ini melibatkan manajer departemen dan jajaran direksi. Rapat ini gak akan terlaksana kalau ada salah satu dari kami gak hadir, bahkan yang semula rapat dilaksanakan pada hari jumat harus diundur menjadi hari senin pekan depannya karena gw saat itu harus ke kampus untuk ikut briefing persiapan wisuda. Selain bersedia menunda rapat, Direktur gw, Pak August namanya, juga memberikan selamat kepada gw karena dia dapet kabar dari sekretarisnya bahwa gw adalah salah satu wisudawan terbaik. Gw benar-benar merasa dihormati di tempat ini. Setiap pendapat dan ide gw didengar dan dipertanyakan. Gw banyak belajar dari orang-orang senior di tempat ini, mereka sangat terbuka dengan kondisi perusahaan. Pak Philip (Manager Procurement), banyak bercerita dan memberikan masukan-masukan dalam tugas gw ini. Untuk bisa mengerjakan tugas ini dengan baik gw diizinkan menggunakan ruangan yang menurut gw paling nyaman untuk bekerja. Awalnya gw menggunakan ruang Post Asset Management Indonesia di lantai 10, lalu kemudian gw juga mencoba ruang Natural Gas di lantai 10. Setelah mencoba keduanya gw pilih untuk bekerja di ruang Natural Gas, karena di tempat itu sangat nyaman jadi gw bisa benar-benar fokus, tapi tiap hari gw juga tetap ke lantai 8 untuk berdiskusi dengan koordinator dan Manager baru gw, Pak Kiandi dan Bu Vina. Gw bersyukur bisa bekerja sama dengan orang-orang hebat di perusahaan sebesar ini. Semoga aja selama bertugas di sini gw bisa ngasih yang terbaik buat perusahaan. Gw gak ingin berlama-lama di tempat ini, jadi gw ingin memberikan kesan positif di tempat ini, sama seperti yang sudah gw lakukan sebelum-sebelumnya di tempat lain.

2 responses

  1. Mohon maaf pak sebelumnya. Saya terinspirasi dari cerita-cerita di blog bapak ini. Kalau boleh saya tahu bagaimana caranya saya bisa melamar pekerjaan di PEI? Sebab saat saya membuka situs PEI tidak terdapat lamaran online maupun alamat surel dari HRD. Saya fresh graduate jurusan pend.kimia. Terima kasih pak.

Tinggalkan Balasan

